Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran menulis puisi melalui penerapan model round table dengan media konkret pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017, (2) pengaruh penerapan model round table dengan media konkret terhadap aktivitas belajar menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Karanganyar tahun ajaran 2016/2017, dan (3) peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Karanganyar tahun ajaran 2016/2017 setelah mengikuti pembelajaran melalui penerapan model round table dengan media konkret.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik kualitatif dan kuantitatif. Selanjutnya, dalam teknik uji validitas data digunakan triangulasi yaitu data, teori, dan metode, sedangkan dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik deduksi dan induksi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran pada tahap prasiklus berupa pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan model dan media pembelajaran apapun, sedangkan pada tahap Siklus I-siklus II menggunakan langkah-langkah penerapan pembelajaran menulis puisi melalui penerapan model round table dengan media konkret yang dilakukan oleh peneliti dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) guru memberi gambaran pembelajaran menulis puisi dan motivasi, (b) guru membagi satu kelompok terdiri 4-6 siswa mengelilingi meja, (c) siswa mengamati media konkret, (d) masing-masing anggota kelompok menyumbangkan idenya secara bergiliran sesuai jarum jam di kertas yang telah dibagikan, (e) siswa pertama menyumbangkan idenya dilanjutkan siswa kedua dan seterusnya hingga terakhir, (f) ide-ide yang terkumpul dijadikan untuk bahan setiap anggota menyusun puisi, (g) siswa membacakan hasil puisi terbaik di kelompoknya; (2) pengaruh model round table dengan media konkret terhadap pengaruh belajar dari kesiapan saat mengikuti pembelajaran 73,52% pada siklus I meningkat menjadi 94,11% pada siklus II, perhatian terhadap pembelajaran 52,94% pada siklus I meningkat menjadi 67,64% pada siklus II, interaksi kerjasama 52,94% pada siklus I meningkat menjadi 82,35% pada siklus II, tanggungjawab terhadap pembelajaran 55,88% pada siklus I, meningkat menjadi 82,35 pada siklus II dan sikap saat mengikuti pembelajaran 70,58% pada siklus I meningkat menjadi 88,23% pada siklus II; (3) peningkatan hasil keterampilan menulis puisi dengan KKM 76 dapat dilihat dari nilai rata-rata keterampilan menulis, yaitu 62,61% pada prasiklus, meningkat menjadi 77,35% pada siklus I, dan 82,50% pada siklus II.