Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) penerapan pembelajaran menulis puisi dengan metode Examples Non-Examples pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017, (2) pengaruh terhadap motivasi belajar dalam menulis puisi pada siswa SMA Negeri 4 Purworejo kelas X dengan metode Examples Non-Examples, dan (3) peningkatan hasil kemampuan menulis puisi setelah menerima motivasi dan pembelajaran dengan metode Examples Non-Examples pada siswa SMA Negeri 4 Purworejo kelas X.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga tahap penelitian, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa pedoman observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik kualitatif dan kuantitatif, sedangkan dalam teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran pada tahap prasiklus berupa pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan media pembelajaran apapun, sedangkan langkah-langkah penerapan pembelajaran menulis puisi dengan metode Examples Non-Examples pada tahap siklus I, dan II, meliputi: (a) siswa mengamati gambar, (b) siswa mengidentifikasi poin-poin penting dalam gambar, (c) siswa menyiapkan beberapa diksi, (d) siswa menulis puisi dengan menyusun diksi yang telah disiapkan, (e) siswa membacakan hasil puisinya di depan kelas, dan (f) siswa memberikan penghargaan kepada teman yang telah membacakan puisinya di depan kelas; (2) pengaruh metode Examples Non-Examples terhadap perilaku belajar siswa dapat dilihat pada Siklus II, yaitu motivasi belajar meningkat menjadi 87,5%, perhatian terhadap pembelajaran meningkat menjadi 100%, keaktifan meningkat menjadi 100%, keberanian meningkat menjadi 100%, kemandirian meningkat menjadi 87,5%, dan apresiasi terhadap pembelajaran meningkat menjadi 87,5%; (3) peningkatan hasil keterampilan menulis puisi dapat dilihat dari nilai rata-rata keterampilan menulis yang sudah mencapai KKM 75, yaitu 65,28 pada prasiklus, meningkat menjadi 74,38 pada siklus I, dan 81,88 pada siklus II.