Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik naskah drama Jin Abg karya Anes Prabu Sadjarwo; (2) aspek sosiologi sastra naskah drama Jin Abg karya Anes Prabu Sadjarwo; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran naskah drama Jin Abg karya Anes Prabu Sadjarwo di SMA.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sebagai unsur utama dibantu dengan alat kartu pencatat data dan alat tulisnya. Dalam menganalisis data penulis menggunakan teknik content analysis (analisisisi). Langkah-langkah yang ditempuh adalah: membaca naskah drama Jin Abg; mengelompokkan data penelitian; mengidentifikasikan data penelitian; menganalisis aspek sosiologi sastra pada naskah drama Jin Abg; menyusun laporan hasil analisis.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik dalam naskah drama Jin Abg karya Anes Prabu Sadjarwo meliputi: (a) tema mayor: pentingnya pendidikan, tema minor: masalah mengikuti aktivitas manusia, masalah keinginan diadakan sekolah, masalah perbedaan pendapat; (b) tokoh dan penokohan, meliputi: tokoh utama, yaitu Tetua Jin dan Jimat, tokoh tambahan, yaitu Pejabat Jin 1, Pejabat Jin 2, Jin Abg 1, Jin Abg 2, Jin Abg 3; (c) alur: maju; (d) latar: latar tempat, yaitu sekolah, kerajaan, tempat rapat, latar waktu, yaitu pagi hari, siang hari, malam hari, dan latar suasana, yaitu menegangkan, mengagetkan, keributan, dan menyedihkan; (e) sudut pandang: orang ketiga; (f) amanat, yaitu dalam memecahkan masalah harus dengan kepala dingin, manfaatkanlah pendidikan sekolah dengan baik; (2) aspek sosiologi sastra naskah drama Jin Abg karya Anes Prabu Sadjarwo, aspek sosiologi sastra tersebut meliputi: (a) aspek kekerabatan: hubungan kekerabatan antara Tetua Jin dengan Jimat (bos dan pegawai), hubungan kekerabatan antara Jin Abg 1 dengan Jin Abg 3 (pertemanan); (b) aspek cinta kasih: orang tua dengan anak, dan lawan jenis; (c) aspek ekonomi: perekonomian keluarga menurun, dan meningkatkan perekonomian keluarga; (d) aspek religius: melanggar perintah agama, dan kewajiban menjalankan perintah agama; (e) aspek pendidikan: pendidikan sekolah mecerdaskan siswa-siswanya, dan siswa yang tidak memanfaatkan pendidikan sekolah; (f) aspek moral: tidak memiliki etika, dan rusaknya moral; (g) aspek politik: tidak menjadi warga negara yang baik, dan melakukan korupsi; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran aspek sosiologi sastra pada naskah drama Jin Abg karya Anes Prabu Sadjarwo di kelas XI SMA yang terdapat pada kompetensi dasar 3.18 menggunakan metode pembelajaran Quantum Learning dengan langkah tumbuhkah, alami, namai, demonstrasi, ulangi, dan rayakan (TANDUR).