Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi:(1)penerapan pembelajaran
menulis puisi berdasarkan Pengalaman Pribadi,(2)pengaruh pengalaman
pribaditerhadap aktivitas dan minat siswa kelas VII F SMP Negeri 26 Purworejo,
(3)peningkatan kemampuanmenulis puisi berdasarkan Pengalaman Pribadi pada
siswa kelas VII FSMP Negeri 26 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Penelitian ini
dilaksanakan dalam tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap refleksi.Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tesdan nontes.Teknik analisis
dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatifdan teknik kuantitatif.
Dalam hasil penelitian ini disimpulkan bahwa(1) penerapan pembelajaran
menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa kelas VII F SMP Negeri
26 Purworejo dilakukan dalam empat tahap, yaitumenulis pengalaman pribadi
dengan tema yang sudah ditentukan oleh guru, mengidentifikasi poin-poin penting
dalam tulisan pengalaman pribadi, mengubah poin-poin penting dalam pengalaman
pribadi ke dalam bentuk kata yang sederhana dan menarik, menyusun puisi dengan
kata-kata sederhana dan menarik yang sudah disiapkan; (2) pengaruh pengalaman
pribadi terhadap aktivitas dan minat siswa kelas VII F SMP Negeri 26 Purworejo
tahun pelajaran 2016/2017dapat dikategorikan menjadi lebih baik. Kriteria
ketuntasan minimal SMP Negeri 26 Purworejo 76. Pengaruh tersebut dapat
dibuktikan dari hasil observasi yang mengalami peningkatan dari tahap prasiklus,
siklus I, dan siklus II.Keaktifan siswa dalam menanggapi stimulus dari guru pada
tahap prasiklus sebesar 37,93%siklus I mengalami peningkatan sebesar 66,68%,
dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 93,55%.Keaktifan siswa
bertanya pada guru saat pembelajaran berlangsung pada tahap prasiklus sebesar
17,24%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 36,68%, dan pada siklus II
mengalami peningkatan sebesar 54,84%. Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas
menulis puisi pada tahap prasiklus sebesar41,38%, pada siklus I sebesar 56,68%,
dan pada siklus II sebesar87,1%; (3) peningkatan kemampuan menulis puisi dengan
menggunakan pengalaman pribadi mengalami peningkatan yaitu, pada tahap
prasiklusnilai rata-rata kelas sebesar 60,86.Tahap siklus I, nilai rata-rata kelas naik
menjadi 72,70.Siklus II nilai rata-rata kelas kembali mengalami peningkatan
menjadi 76,87.Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa pengalaman
pribadi menjadikan pembelajaran menulis puisi menjadi efektif