Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 26 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Astuti, Dewi
dc.date.accessioned 2018-02-04T08:47:23Z
dc.date.available 2018-02-04T08:47:23Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1235
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi:(1)penerapan pembelajaran menulis puisi berdasarkan Pengalaman Pribadi,(2)pengaruh pengalaman pribaditerhadap aktivitas dan minat siswa kelas VII F SMP Negeri 26 Purworejo, (3)peningkatan kemampuanmenulis puisi berdasarkan Pengalaman Pribadi pada siswa kelas VII FSMP Negeri 26 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, tahap refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tesdan nontes.Teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatifdan teknik kuantitatif. Dalam hasil penelitian ini disimpulkan bahwa(1) penerapan pembelajaran menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi pada siswa kelas VII F SMP Negeri 26 Purworejo dilakukan dalam empat tahap, yaitumenulis pengalaman pribadi dengan tema yang sudah ditentukan oleh guru, mengidentifikasi poin-poin penting dalam tulisan pengalaman pribadi, mengubah poin-poin penting dalam pengalaman pribadi ke dalam bentuk kata yang sederhana dan menarik, menyusun puisi dengan kata-kata sederhana dan menarik yang sudah disiapkan; (2) pengaruh pengalaman pribadi terhadap aktivitas dan minat siswa kelas VII F SMP Negeri 26 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017dapat dikategorikan menjadi lebih baik. Kriteria ketuntasan minimal SMP Negeri 26 Purworejo 76. Pengaruh tersebut dapat dibuktikan dari hasil observasi yang mengalami peningkatan dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II.Keaktifan siswa dalam menanggapi stimulus dari guru pada tahap prasiklus sebesar 37,93%siklus I mengalami peningkatan sebesar 66,68%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 93,55%.Keaktifan siswa bertanya pada guru saat pembelajaran berlangsung pada tahap prasiklus sebesar 17,24%, siklus I mengalami peningkatan sebesar 36,68%, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 54,84%. Keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas menulis puisi pada tahap prasiklus sebesar41,38%, pada siklus I sebesar 56,68%, dan pada siklus II sebesar87,1%; (3) peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan pengalaman pribadi mengalami peningkatan yaitu, pada tahap prasiklusnilai rata-rata kelas sebesar 60,86.Tahap siklus I, nilai rata-rata kelas naik menjadi 72,70.Siklus II nilai rata-rata kelas kembali mengalami peningkatan menjadi 76,87.Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa pengalaman pribadi menjadikan pembelajaran menulis puisi menjadi efektif en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject keterampilan menulis puisi, pengalaman pribadi, siswa SMP. en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 26 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account