Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel, (2) aspek-aspek sosiologi sastra novel Hujan karya Tere Liye, (3) hubungan antaraspek sosiologi sastra novel Hujan karya Tere Liye, (4) rencana pelaksanaan pembelajaran kelas XII SMA.
Sumber data penelitan ini adalah novel Hujan karya Tere Liye. Objek penelitian ini adalah sosiologi sastra novel. Penelitian ini difokuskan pada aspek-aspek sosiologi sastra novelHujan karya Tere Liye. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan teknik pustaka. Instrumen penelitian adalah peneliti dengan dibantu kartu pencatat data dan alat tulis. Teknik analisis data penulis memilih teknik analisis isi. Teknik penyajian data penulis meng-gunakan teknik informal. Teknik penyajian data dengan metode analisis informal.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Hujan karya Tere Liye terdiri atas: (a) tema politik negara karena perubahan iklim dunia, (b) alur mundur atau flash back, (c) tokoh dan penokohan dibagi menjadi dua, tokoh utama yaitu Lail dan tokoh tambahan, antara lain: Esok, Maryam, Ibu Lail, Ibu Esok, Ibu Suri, Wali Kota dan Istri Wali kota, Claudia dan Elijah, (d) latar terdiri atas: latar tempat melitputi: ruang terapi, jalanan kota, stasiun kereta api, kereta bawah tanah, taman kota, kolam air mancur, rumah Lail, toko kue ibu Esok, rumah sakit darurat, pengungsian nomor 2, panti sosial, sekolah keperawatan, universitas ibu kota dan restoran. Latar waktu antara lain: pagi, siang, sore, malam, satu tahun, seminggu, dan satu bulan; latar sosial yang digunakan adalah kehidupan perawat, paramedis, relawan, ilmuwan, dan wali kota; (e) sudut pandang persona ketiga “dia” serba tahu, (2) aspek sosiologi sastra antara lain: aspek kekerabatan, perekonomian, cinta kasih, pendidikan dan moralitas; (3) hubungan antaraspek sosiologi sastra meliputi: (a) aspek perekonomian dengan moralitas, (b) aspek kekerabatan dengan cinta kasih, (c) aspek pendidikan dengan moralitas; (4) rencana pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan acuan kurikulum 2013, KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran Think, Talk, and Write (TTW). Penilaian yang digunakan dengan metode tes lisan dan tes tulis. Langkah-langkah pembelajaran unsur intrinsik dan aspek sosiologi sastra yang digunakan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.