Abstract:
Tujuan penelitian ini : 1) penerapan pembelajaran menulis teks negosiasi
dengan menggunakan metode role playing pada siswa X SMA Negeri 3
Purworejo tahun pelajaran 2016/2017; 2) perubahan sikap dan perilaku pada siswa
kelas X SMA Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 dalam pembelajaran
menulis teks negosiasi menggunakan metode role playing; 3) peningkatan
kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Purworejo
tahun pelajaran 2016/2017 setelah memperoleh pembelajaran dengan
menggunakan metode role playing.
Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas prasiklus,siklus I, siklus II. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Purworejo. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes yang digunakan untuk memperoleh
gambaran hasil siswa dalam menulis teks negosiasi dan nontes yang digunakan
untuk mendapat informasi tentang keadaan siswa tanpa melalui tes dengan alat
tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes yang berisi soal
untuk menulis teks negosiasi dan nontes merupakan alat penilaian yang
dipergunakan untuk mendapat informasi tentang keadaan peserta didik atau
peserta tes tanpa melalui tes dengan alat tes. Teknik validitas data menggunakan
triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori teknik analisis data
menggunakan analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan
menulis teks negosiasi dan kuantitatif digunakan untuk mengaanalisis data berupa
skor hasil penilaian kemampuan menulis teks negosiasi. Teknik penyajian data
menggunakan teknik penyajian informal, yaitu perumusan dengan kata-kata biasa.
Pengaruh pembelajaran menulis teks negosiasi dengan metode role playing
terhadap sikap dan perilaku siswa menjadi lebih baik, pada prasiklus rata-rata
sikap dan perilaku siswa belajar siswa adalah 57,02%. Sementara itu pada siklus
I, rata-rata perubahan sikap dan perilaku belajar siswa menjadi 60,15%, dan siklus
II rata-rata menjadi 84,73%. Peningkatan kemampuan menulis teks negosias
dengan metode role playing terlihat pada meningkatnya jumlah nilai rata-rata
kelas. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus 69,16, siklus I 76,03, dan siklus II 82,09.