Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Triyana, Reni
dc.date.accessioned 2018-02-04T09:13:09Z
dc.date.available 2018-02-04T09:13:09Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1245
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini : 1) penerapan pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menggunakan metode role playing pada siswa X SMA Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017; 2) perubahan sikap dan perilaku pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 dalam pembelajaran menulis teks negosiasi menggunakan metode role playing; 3) peningkatan kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan metode role playing. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas prasiklus,siklus I, siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 3 Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang digunakan untuk memperoleh gambaran hasil siswa dalam menulis teks negosiasi dan nontes yang digunakan untuk mendapat informasi tentang keadaan siswa tanpa melalui tes dengan alat tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes yang berisi soal untuk menulis teks negosiasi dan nontes merupakan alat penilaian yang dipergunakan untuk mendapat informasi tentang keadaan peserta didik atau peserta tes tanpa melalui tes dengan alat tes. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan menulis teks negosiasi dan kuantitatif digunakan untuk mengaanalisis data berupa skor hasil penilaian kemampuan menulis teks negosiasi. Teknik penyajian data menggunakan teknik penyajian informal, yaitu perumusan dengan kata-kata biasa. Pengaruh pembelajaran menulis teks negosiasi dengan metode role playing terhadap sikap dan perilaku siswa menjadi lebih baik, pada prasiklus rata-rata sikap dan perilaku siswa belajar siswa adalah 57,02%. Sementara itu pada siklus I, rata-rata perubahan sikap dan perilaku belajar siswa menjadi 60,15%, dan siklus II rata-rata menjadi 84,73%. Peningkatan kemampuan menulis teks negosias dengan metode role playing terlihat pada meningkatnya jumlah nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus 69,16, siklus I 76,03, dan siklus II 82,09. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Teks Negosiasi, Metode Role Playing en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account