Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) unsur-unsur intrinsik
dalam novel Rasuk karya Risa Saraswati, (2) aspek-aspek sosiologi dalam novel
Rasuk karya Risa Saraswati, (3) hubungan antaraspek sosial dalam novel Rasuk
karya Risa Saraswati, (4) rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data
penelitian ini adalah novel Rasuk karya Risa Saraswati. Objek penelitian ini
adalah aspek-aspek sosial meliputi: aspek cinta kasih, aspek kekerabatan, aspek
pendidikan, aspek moral, dan aspek ekonomi. Fokus penelitian ini adalah Analisis
Sosiologi Sastra Novel Rasuk karya Risa Saraswati dan Rencana Pelaksanaan
Pembelajarannya di SMA. Data yang digunakan adalah narasi dan percakapan.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini teknik pustaka, teknik baca, dan
teknik catat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen
utama, kartu pencatat data, dan alat tulis. Analisis data dilakukan dengan metode
analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian informal.
Dari hasil penelitian disimpulkan (1) unsur-unsur intrinsik Rasuk karya
Risa Saraswati meliputi: tokoh dan penokohan, tokoh utama: Langgir Janaka:
pendiam, keras kepala, dan pintar; tokoh tambahan: Harum Manis: manja, dan
cengeng; Bakula Borneo: ceria; Safrudin Sarief: penyayang dan tidak banyak
tingkah; Sekar Tanjung: peduli, dan lemah lembut; Lintang Kasih: pendiam;
Fransisca Inggrid: banyak tingkah dan crewet; Abimanyu Permadi: pintar, dan
pendiam; Kumala Sari: baik, dan ramah; Masrudi: aneh, dan gila; Isabela
Sanchez: pintar, dan dewasa; latar tempat: di kamar, pegunungan di Jawa Tengah,
sanggar tari, rumah Lintang Kasih, jalan Laras Pelog nomor 10, Karma Ranjani,
Villa Rosala, rumah Fransisca Inggrid, dan ruang ICU; latar waktu: siang hari,
sore hari, pagi hari, dan malam hari; latar suasana: suasana sedih, suasana tegang,
suasana cemas, dan suasana terharu; alur: alur campuran; sudut pandang: orang
ketiga serba tahu “Dia-an”; tema dibagi atas tema mayor, yaitu: kesadaran dan
penyesalan seorang anak atas rasa irinya; tema minor, yaitu: masalah cinta kasih,
masalah kehidupan, masalah moral, dan masalah ekonomi; amanat: rasa iri yang
tertanam pada diri manusia hanya akan menimbulkan keburukan pada diri sendiri;
(2) aspek-aspek sosiologi sastra novel Rasuk karya Risa Saraswati digolongkan
menjadi lima meliputi: cinta kasih yaitu cinta kasih seorang ibu dengan anak;
kekerabatan yaitu kekerabatan dengan para sahabat; moral meliputi: setia kawan,
tolong menolong; pendidikan meliputi: kecerdasan tokoh utama dalam
pendidikan; ekonomi meliputi: ekonomi golongan bawah; (3) hubungan
antaraspek meliputi: aspek pendidikan dengan aspek moral; aspek cinta kasih
dengan aspek ekonomi; aspek moral dengan aspek kekerabatan; aspek
kekerabatan dengan aspek cinta kasih; aspek pendidikan dengan aspek
kekerabatan; (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Rasuk karya Risa
Saraswati di SMA, menggunakan model STAD (Student Team Achievement
ix
Division) dengan langkah-langkah: guru menerangkan materi tentang unsur
intrinsik, aspek sosial novel, dan pembelajaran menggunakan model STAD
(Student Team Achievement Division), guru membagi 4-5 siswa menjadi beberapa
kelompok heterogen, guru memberikan kuis atau tes untuk masing-masing siswa,
guru memberikan penskoran dan memberikan penghargaan.