Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA NOVEL GELISAH CAMAR TERBANG KARYA GOL A GONG DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Pertiwi, Indah
dc.date.accessioned 2018-02-04T09:22:19Z
dc.date.available 2018-02-04T09:22:19Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1251
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) unsur intrinsik novel Gelisah Camar Terbang karya Gol A Gong, (2) psikologi kepribadian tokoh utama novel Gelisah Camar Terbang karya Gol A Gong, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Gelisah Camar Terbang karya Gol A Gong di SMA. Sumber data primer penelitian ini adalah novel Gelisah Camar Terbang karya Gol A Gong, dan sumber data sekunder penelitian ini adalah buku-buku sebagai acuan penelitian dan internet. Objek penelitian ini adalah psikologi kepribadian tokoh uatama, dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA. Fokus penelitian ini, yaitu: unsur intrinsik (tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, dan amanat), psikologi kepribadian tokoh utama meliputi id, ego, dan superego, dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, baca, dan catat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dibantu dengan kartu pencatat data dan alat tulisnya. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan content analysis (analisis isi). Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel ini, meliputi (a) tema: suka duka seorang TKI; (b) tokoh dan penokohan, meliputi tokoh utama: Halimah (tanggung jawab dan tidak mudah putus asa) ; tokoh tambahan: Chairul (ramah dan perhatian), Ibu Chairul (penyayang), Ayah Chairul (egois), Inez (sombong), Dessy (baik), Iwan (peduli), Joko (baik); (c) latar: waktu (pagi hari, sore hari, dan malam hari), tempat (di rumah, di Taipei, di Saudia, di warung makan milik Iwan, di dermaga), suasana (mengerikan, kebahagiaan, menegangkan, dan mengharukan); (d) alur: alur campuran, meliputi: alur mundur (flashback) dan alur maju; (e) amanat: hendaknya kita mengeyam pendidikan supaya hidup kita tidak dipandang remeh orang lain, dan menjadi seorang TKI tidak seindah yang dibayangkan meskipun tidak selamanya menjadi TKI gagal; (2) psikologi kepribadian novel ini yaitu konflik batin yang dialami tokoh utama ketika bekerja menjadi seorang TKI, dari teori Sigmund Freud yang membahas id,ego, dan superego tokoh utama lebih menonjol pada superego, yaitu ketika tokoh utama membutuhkan biaya untuk kelangsungan hidupnya, ego memilih untuk bekerja dan hasilnya superego yang baik atau positif; dan (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel ini dengan menggunakan metode Two-Stay Two-Stray. Langkah-langkah dalam metode ini yaitu, guru membagi kelompok kemudian menjelaskan materi dan siswa diminta untuk mencari unsur intrinsic dan psikologi tokoh dalam novel, selanjutnya dua siswa dalam kelompok pergi ke kelompok lain untuk meminta informasi, dan dua siswa lain tinggal dalam kelompok untuk memberi informasi kepada kelompok lain. Terakhir setiap kelompok maju untuk mempresentasikan hasilnya en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject unsur intrinsik, psikologi sastra, novel gelisah camar terbang en_US
dc.title ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA NOVEL GELISAH CAMAR TERBANG KARYA GOL A GONG DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account