Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan metode pengajaran langsung; (2) pengaruh penggunaan metode pengajaran langsung dalam pembelajaran menulis teks biografi; (3) peningkatan kemampuan menulis teks biografi menggunakan metode pengajaran langsung.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa SMA Negeri 3 Purworejo kelas X MIPA 3 tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data penelitian, penulis menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes berupa hasil menulis teks biografi menggunakan metode pengajaran langung. Teknik nontes berupa hasil observasi, kuesioner, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian data dalam penelitian ini adalah teknik penyajian informal.
Dari hasil penelitian disimpulkan (1) langkah-langkah dalam pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode pengajaran langsung adalah siswa: a) memperhatikan contoh teks biografi; b) berdiskusi dengan guru mengenai struktur, unsur, dan ciri yang ada dalam teks biografi ; c) menulis teks biografi dengan memperhatikan struktur, unsur, ciri kebahasan yang ada dalam biografi; d) mendemonstrasikan hasil karangannya, dan siswa lain dapat berkomentar tentang karangannya tersebut; e) bersama guru melakukan refleksi; (2) pengaruh penggunaan metode pengajaran langsung dalam pembelajaran menulis teks biografi pada diketahui dari hasil observasi, dan kuesioner. Hasil observasi dari delapan aspek menunjukkan perilaku siswa pada prasiklus adalah 60%, sedangkan siklus I adalah 65%, dan siklus II sebesar 88%. Hasil kuesioner prasiklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan bahwa sebagian besar siswa senang untuk mengikuti pembelajaran menulis teks biografi menggunakan pengajaran langsung, berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis; (3) peningkatan kemampuan menulis teks biografi di kelas X MIPA 3 SMA Negeri 3 Purworejo tahap prasiklus, nilai rata-rata kelas mencapai 74,9. Pada tahap siklus I, nilai rata-rata kelasnya adalah 78,2. Pada tahap siklus II, nilai rata-rata kelasnya adalah 79,8.