Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE PENGAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Wardhani, Erlita Cahya Widha
dc.date.accessioned 2018-02-04T09:27:24Z
dc.date.available 2018-02-04T09:27:24Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1254
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis teks biografi dengan menggunakan metode pengajaran langsung; (2) pengaruh penggunaan metode pengajaran langsung dalam pembelajaran menulis teks biografi; (3) peningkatan kemampuan menulis teks biografi menggunakan metode pengajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa SMA Negeri 3 Purworejo kelas X MIPA 3 tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data penelitian, penulis menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes berupa hasil menulis teks biografi menggunakan metode pengajaran langung. Teknik nontes berupa hasil observasi, kuesioner, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian data dalam penelitian ini adalah teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian disimpulkan (1) langkah-langkah dalam pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode pengajaran langsung adalah siswa: a) memperhatikan contoh teks biografi; b) berdiskusi dengan guru mengenai struktur, unsur, dan ciri yang ada dalam teks biografi ; c) menulis teks biografi dengan memperhatikan struktur, unsur, ciri kebahasan yang ada dalam biografi; d) mendemonstrasikan hasil karangannya, dan siswa lain dapat berkomentar tentang karangannya tersebut; e) bersama guru melakukan refleksi; (2) pengaruh penggunaan metode pengajaran langsung dalam pembelajaran menulis teks biografi pada diketahui dari hasil observasi, dan kuesioner. Hasil observasi dari delapan aspek menunjukkan perilaku siswa pada prasiklus adalah 60%, sedangkan siklus I adalah 65%, dan siklus II sebesar 88%. Hasil kuesioner prasiklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan bahwa sebagian besar siswa senang untuk mengikuti pembelajaran menulis teks biografi menggunakan pengajaran langsung, berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis; (3) peningkatan kemampuan menulis teks biografi di kelas X MIPA 3 SMA Negeri 3 Purworejo tahap prasiklus, nilai rata-rata kelas mencapai 74,9. Pada tahap siklus I, nilai rata-rata kelasnya adalah 78,2. Pada tahap siklus II, nilai rata-rata kelasnya adalah 79,8. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis teks biografi, metode pengajaran langsung en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE PENGAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account