Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis
teks eksplanasi fenomena sosial dengan media gambar peristiwa (2) perubahan
perilaku belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi fenomena sosial
menggunakan media gambar peristiwa siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kebumen
(3) peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi fenomana soaial setelah
menggunakan media gambar peristiwa siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kebumen
tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kebumen. Instrumen penelitian berupa tes untuk
mengetehui kemampuan siswa menulis teks eksplanasi fenomena sosial, dan
berupa non tes seperti angket dan lembar observasi untuk mengetahui minat dan
sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran teks eksplanasi fenomena sosial.
Penelitian dianggap berhasil jika jumlah siswa yang mencapai KKM 75 sebanyak
75%.
Hasil penelitian ini adalah (1)langkah-langkah yang diterapkan dalam
pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media gambar peristiswa
adalah siswa mengamati gambar dan menemukan ide awal untuk menulis teks
eksplanasi, berdasarkan gambar siswa mengamati secara fatkual, procedural,
berdasarkan gambar yang diamati siswa mampu mengembangkan teks ekplanasi.
(2)Pengaruh media gambar peristiwa terhadap sikap dan minat siswa dalam
pembelajaran teks eksplanasi dari prasiklus, Siklus I dan Siklus II menunjukkan
adanya perubahan semakin positif. Pada pra siklus siswa yang siap menerima
pemnbelajaran baru mencapai 47,22% dengan kategori kurang, pada siklus I
meningkat menjadi 61,1% dan pada siklus II menjadi 80,56% kategori baik.
Sedangkan keaktifkn siswa pra siklus hanya mencapai 47,22% siswa terlihat aktif
dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, meningkat menjadi lebih baik
menjadi 77,78% kategori baik pada siklus I, dan pada siklus II jumlah siswa yang
aktif meningkat menjadi 86,11% kategori baik. (3)Peningkatan kemampuan
menulis teks eksplanasi diikuti semakin meningkatnya jumlah siswa yang
mencapai KKM. Pada tes awal rata-rata yang dicapai adalah 71,56 dengan
ketuntasan 25,0%. Kemudian pada siklus I rata-rata kemampuan menulis teks
ekslanasi mencapai 75,47 dengan ketuntasan 58,33%. Pada siklus II rata-rata
kemampuan menulis teks eksplanasi meningkat menjadi 78,56 dengan ketuntasan
80,56%.