Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model
Cooperative LearningThink-Pair-Share terhadap motivasi belajar peserta didik
dalam pembelajaran membaca berita pada kelas VIII SMP N 1 Kuwarasan tahun
ajaran 2016/2017, (2) pengaruh model Cooperative LearningThink-Pair-Share
terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran membaca berita pada
kelas VIII SMP Negeri 1 Kuwarasan tahun ajaran 2016/2017, (3) menilai
perbandingan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran membaca berita pada
kelas VIII SMP Negeri 1 Kuwarasan tahun ajaran 2016/2017 yang diajar dengan
model Cooperative LearningThink-Pair-Share dengan peserta didik yang tidak
diajar dengan model Cooperative LearningThink-Pair-Share.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent
Control Group Design.Subjek penelitiannnya adalah kelas VIII E sebagai
kelompok kontrol yang berjumlah 32 peserta didik dan kelas VIII D sebagai
kelompok eksperimen yang berjumlah 31 peserta didik. Data penelitian diperoleh
melalui tes dan nontes.Product Moment digunakan untuk menguji validitas
instrumen penelitian dan Alpha Cronbach untuk menguji reliabilitas
instrumen.Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 16.
Hasil kuesioner menunjukkan bahwa persentasemotivasi peserta didik
meningkat setelah mendapat perlakuan model pembelajaranCooperative
LearningThink-Pair-Share, yaitu dari persentase kemampuan: (1) orientasi
keberhasilan meningkat sebesar 11,42%, (2) antisipasi kegagalan meningkat
sebesar 10,19%, (3) inovasi meningkat sebesar 11,83% dan, (4) tanggung jawab
meningkat sebesar 10,65%. Selain itu, hasil uji hipotesis dengan uji t dua pihak
yang dicari pada α=0,05 diperolehttabel sebesar 1,695 dan Sig. (0,000) < α
(0,05).Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model Cooperative Learning Think-
Pair-Share pada kelas eksperimen.Kemudian, hasil uji hipotes ketiga
menggunakan uji t pihak kanan diperoleh nilai thitung berada pada thitung (15,664)>
ttabel atau thitung (-15,664) >ttabel(1,695) sehingga menghasilkan keputusan uji thitung
berada pada daerah penolakan Ho.Dengan demikian, pengujian hipotesis dengan
uji t pihak kanan membuktikan adanya perbedaan hasil belajar peserta didik yang
diajar dengan model Cooperative Learning Think-Pair-Share dibandingkan
dengan hasil belajar peserta didik yang tidak diajar dengan model Cooperative
Learning Think-Pair-Share.