Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH MODELCOOPERATIVE LEARNING THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA BERITA PADA KELAS VIII SMP N 1 KUWARASAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Fitria, Mida Gita
dc.date.accessioned 2018-02-04T09:38:08Z
dc.date.available 2018-02-04T09:38:08Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1261
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model Cooperative LearningThink-Pair-Share terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran membaca berita pada kelas VIII SMP N 1 Kuwarasan tahun ajaran 2016/2017, (2) pengaruh model Cooperative LearningThink-Pair-Share terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran membaca berita pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kuwarasan tahun ajaran 2016/2017, (3) menilai perbandingan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran membaca berita pada kelas VIII SMP Negeri 1 Kuwarasan tahun ajaran 2016/2017 yang diajar dengan model Cooperative LearningThink-Pair-Share dengan peserta didik yang tidak diajar dengan model Cooperative LearningThink-Pair-Share. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design.Subjek penelitiannnya adalah kelas VIII E sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 32 peserta didik dan kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 31 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui tes dan nontes.Product Moment digunakan untuk menguji validitas instrumen penelitian dan Alpha Cronbach untuk menguji reliabilitas instrumen.Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 16. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa persentasemotivasi peserta didik meningkat setelah mendapat perlakuan model pembelajaranCooperative LearningThink-Pair-Share, yaitu dari persentase kemampuan: (1) orientasi keberhasilan meningkat sebesar 11,42%, (2) antisipasi kegagalan meningkat sebesar 10,19%, (3) inovasi meningkat sebesar 11,83% dan, (4) tanggung jawab meningkat sebesar 10,65%. Selain itu, hasil uji hipotesis dengan uji t dua pihak yang dicari pada α=0,05 diperolehttabel sebesar 1,695 dan Sig. (0,000) < α (0,05).Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model Cooperative Learning Think- Pair-Share pada kelas eksperimen.Kemudian, hasil uji hipotes ketiga menggunakan uji t pihak kanan diperoleh nilai thitung berada pada thitung (15,664)> ttabel atau thitung (-15,664) >ttabel(1,695) sehingga menghasilkan keputusan uji thitung berada pada daerah penolakan Ho.Dengan demikian, pengujian hipotesis dengan uji t pihak kanan membuktikan adanya perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model Cooperative Learning Think-Pair-Share dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang tidak diajar dengan model Cooperative Learning Think-Pair-Share. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Cooperative LearningThink-Pair-Share, motivasi belajar, hasil belajar. en_US
dc.title PENGARUH MODELCOOPERATIVE LEARNING THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA BERITA PADA KELAS VIII SMP N 1 KUWARASAN TAHUN AJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account