Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA NOVEL CINTA TAK KENAL KASTA KARYA ABDUL MUIS DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmawati, Anita
dc.date.accessioned 2018-02-04T09:41:15Z
dc.date.available 2018-02-04T09:41:15Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1262
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Cinta Tak Kenal Kasta karya Abdul Muis, (2) aspek sosiologi sastra novel Cinta Tak Kenal Kasta, (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XII SMA.Subjek penelitian ini adalah novel Cinta Tak Kenal Kasta. Objek penelitian ini yaitu aspek-aspek sosiologi novel Cinta Tak Kenal Kasta. Fokus penelitian ini adalah unsurintrinsiknovel Cinta Tak Kenal Kasta, aspek sosiologisastra novel Cinta Tak Kenal Kasta karya Abdul Muis,dan rencana pelaksaan pembelajarannya di kelas XII SMA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik pustaka. Teknik yang digunaka dalam menganalisis data dalam novel Cinta Tak Kenal Kasta karya Abdul Muis adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan analisis data disimpulkan (1) unsur intrinsik dalam novel Cinta Tak Kenal Kasta karya Abdul Muis meliputi: (a) tema yaitu tema mayor, tentang perjuangan demi mendapatkan restu kedua orang tua demi menikahi gadis impiannya, dan tema minor masalah pendidikan, masalah perekonomian dan kematian, (b) tokoh utama yaitu Susan (ulet, sabar, pantang menyerah, dan bekerja keras) dan tokoh tambahan Rita (baik, penyayang, manja), Mamah Rita (baik, lembut), Kedan Robin (baik, suka menolong, dan bersahabat), Linda (Lucu, baik hati, dan bersahabat), Papah Rita (angkuh dan sombong), Hasan (baik), Tulang Jaurman (suka menolong dan baik hati), Ramlan (baik dan suka menolong), supriyanto (baik hati). (c) latar terdiridarilatar tempat (Pamatang siantar, Kampung, ParapatdanTomok, Gedungbioskop, TebingTinggi, kebun, danau Toba/Samosir, TerminalTambangan. Latar waktu yaitu siang, pagi, malam, sore, dan latar sosial suka membantu dan menolong oran yang membutuhkan bantuan, (d) alur yang digunakan dalam novel Cinta Tak Kenal Kasta karya Abdul Muis yaitu alur maju, (e) sudut pandang yang digunakan yaitu sudut pandang orang ketiga serba tahu, amanat, dalam mencapai cita-cita harus berusaha dan bekerja keras. (2) aspek soiologi sastra dalam novel Cinta Tak Kenal Kasta karya Abdul Muis meliputi: aspek kekerabatan ditunjukan tokoh Kedan Robin, aspek cinta kasih, ditunjukan perasaan cinta oleh Susan kepada Rita, aspek pendidikan, SMP, SMA, aspek moral keikhlasan, kasih sayang, kepedulian dan teguh pendirian, aspek ekonomi, Susan berasal dari keluarga yang tidak mampu, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan acuan kurikulum 2013,KD 3.9. Metode pembelajaran yang digunakan: metode STAD yang terdiri dari 5 langkah yaitu:1) presentasi kelas (class presentation), 2) belajar dalam grup (teams), 3) pengerjaan kuis (quizzes), 4) perhitungan peningkatan skore individu (individual improvement scores), 5) penghargaan tim (team recognition) en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject unsur intrinsik,sosiologi sastra,cinta tak kenal kasta, rpp. en_US
dc.title ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA NOVEL CINTA TAK KENAL KASTA KARYA ABDUL MUIS DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account