Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN METODE AMATI, TIRU, DAN MODIFIKASI (ATM) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017

Show simple item record

dc.contributor.author Fitriana, Dina Eka
dc.date.accessioned 2018-02-04T09:52:36Z
dc.date.available 2018-02-04T09:52:36Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1265
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pembelajaran membaca puisi dengan metode amati, tiru, dan modifikasi (ATM) pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo; (2) pengaruh metode amati, tiru, dan modifikasi (ATM) terhadap sikap dan minat siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo; (3) peningkatan keterampilan membaca puisi menggunakan metode amati, tiru, dan modifikasi (ATM) siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2017 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Tenik tes berupa tes membaca puisi, sedangkan teknik nontes berupa angket, lembar observasi, jurnal, dan dokumentasi foto. Dalam analisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini, teknik penyajian analisis data yang digunakan adalah teknik deduksi dan induksi. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran membaca puisi menggunakan metode amati, tiru, dan modifikasi (ATM) yaitu (a) Guru menampilkan contoh video pembacaan puisi, (b) Siswa memperhatikan dan mengamati contoh video pembacaan puisi tentang keindahan alam, (c) Siswa mengidentifikasi intonasi, volume suara, mimik dan kenesik dari video pembacaan puisi, (d) guru mengarahkan siswa agar mampu menampilkan ciri khasnya dalam membaca puisi (e) Guru menyuruh siswa untuk membacakan puisi yang telah diamati dalam sebuah video dan menirukan dengan ciri khas mereka masing-masing yang telah dimodifikasi.; (2) pembelajaran dengan metode amati, tiru, dan modifikasi (ATM) mampu meningkatkan sikap dan minat siswa dalam pembelajara dapat dilihat pada hasil pengamatan. Pada prasiklus, keaktifan siswa 62,5%, interaksi 56,25% dan situasi 46,87%. Selanjutnya, pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 78,12%, interaksi 71,87 dan situasi menjadi 62,5%. Siklus II keaktifan meningkat lagi menjadi 87,5%, interaksi 78,12%, dan situasi menjadi 75%; (3) peningkatan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo dapat diketahui dari nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada prasiklus hanya 50,84, pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 71,05, dan meningkat lagi menjadi 81,05 pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan metode amati, tiru, dan modifikasi (ATM) dalam pembelajaran membaca puisi dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject membaca puisi, metode amati, tiru, dan modifikasi (ATM) en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN METODE AMATI, TIRU, DAN MODIFIKASI (ATM) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account