Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL SEPENGGAL BULAN UNTUKMU KARYA ZHAENAL FANANI DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Kumalasari, Verlinda
dc.date.accessioned 2018-02-05T04:39:34Z
dc.date.available 2018-02-05T04:39:34Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1310
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) unsur intrinsik, (2) aspek-aspek sosiologi sastra, dan (3) rencana pembelajaran novel Sepenggal Bulan Untukmu karya Zhaenal Fanani di SMA. Subjek penelitian ini adalah novel Sepenggal Bulan Untukmu karya Zhaenal Fanani.Objek penelitian ini adalah aspek sosiologi sastra Sepenggal Bulan Untukmu karya Zhaenal Fanani yang terdiri aspek kekerabatan, kepercayaan, pendidikan dan ekonomi. Fokus penelitian ini, yaitu: unsur intrinsik (tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, dan amanat), aspek-aspek sosiologi sastra (kekerabatan, kepercayaan, pendidikan, dan ekonomi), dan rencana pembelajarannya di SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, catat dan pustaka. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dibantu dengan kartu pencatat data. Teknik analisis data penelitian ini dengan analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik ini, meliputi (a) tema: membuka pemikiran pengetahuan untuk anak-anak dalam pendidikan; (b) tokoh dan penokohan, meliputi tokoh utama: Tumirah(ikhlas, berjuang, berkorban, pemberani dan percaya diri), Khotimah atau Emak Imah(teguh pada pendirian, terbuka dan perhatian) dan Pak Solikhan(semangat, bersahaja, berjuang dan teguh pada pendirian); tokoh tambahan meliputi: Setu Larang (penyayang), Lelang Kara(baik dan peduli), Seloaji (peduli dan penasehat), Salimah (tolong-menolong), Sukmotejo (egois dan keras kepala), Tumpak Siring (ikut campur dan egois), Wirosabdo(tidak peduli), Samin Tanakar (peduli), dan Danuparang(bijaksana); (c) latar, meliputi latar tempat, latar waktu dan latar suasana. Latar tempat pada penelitian ini yaitu di Rumah Lelang Kara, tepian Danau, Mushala. Latar waktu meliputi pagi, siang, sore dan malam. Latar suasana meliputi sedih, senang, khawatir; (d) alur menurut urutan peristiwanya adalah alur maju meliputi tahap penyituasian, pemunculan konflik, peningkatan, tahap klimaks dan tahap penyelesaian. (e) amanat ini yakni pentingnya ilmu pengetahuan untuk generasi muda; (2) aspek-aspek sosiologi sastra ini meliputi: aspek kekerabatan (Tumirah dengan Salimah, Tumirah dengan Emak Imah, Tumirah dengan Pak Solikhan), aspek kepercayaan (berdoa, bersyukur), aspek pendidikan (pendidikan keagamaan, pendidikan sekolah yang menyenangkan), dan aspek ekonomi (Ekonomi sederhana dan perjuangan ekonomi); dan (3) rencana pembelajaran novel Sepenggal Bulan Untukmu karya Zhaenal Fanani di SMA. Model pembelajaran jigsaw. Pendekatan saintifik berpusat pada siswa. Metode pembelajaran ini metode diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Penilaian hasil belajar yang digunakan yaitu tertulis dengan menggunakan tes uraian. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject unsur intrinsik, sosiologi sastra, dan novel Sepenggal Bulan Untukmu en_US
dc.title ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL SEPENGGAL BULAN UNTUKMU KARYA ZHAENAL FANANI DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account