Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) unsur-unsur intrinsik; (2)
aspek sosiologi sastra; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Boys
Beyond The Light karya Astrid Tito & T. Akbar Maulana di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber penelitian
ini adalah novel Boys Beyond The Light karya Astrid Tito & T. Akbar Maulana.
Objek penelitian ini adalah aspek sosiologi sastra novel Boys Beyond The Light
karya Astrid Tito & T. Akbar Maulana. Fokus penelitian berupa unsur-unsur
intrinsik, aspek-aspek sosiologi dalam novel Boys Beyond The Light karya Astrid
Tito & T. Akbar Maulana, dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka. Instrumen penelitinnya
adalah penulis sendiri sebagai peneliti, kartu pencatat data, dan alat tulis. Teknik
analisis data ini menggunakan teknik content analysis atau teknik analisis isi.
Teknik penyajian hasil analisis data disajikan dengan teknik informal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Boys Beyond The Light karya
Astrid Tito & T. Akbar Maulana bertema pencarian jati diri. Jalan ceritanya
menggunakan alur campuran. Tokoh utama meliputi: (a) Bagas, (b) Galih, (c)
Abay, dan (d) Teguh. Tokoh tambahan meliputi: (a) Papa, (b) Mama, (c) Mbok
Nah, (d) Ayah, (e) Mamak, (f) Pak Ahmed, (g) Puteh, (h) Gebi, (i) Abu Jalud, (j)
Umu Fitri, (k) Karli, (l) Okasan, (m) Pak Hamzah, dan (n) Mr. abu Salman. Latar
meliputi: (a) tempat, (b) suasana, dan (c) waktu. Sudut pandang novel tersebut
menggunakan sudut pandang orang ketiga. Aspek-aspek sosiologi sastra dalam
novel Boys Beyond The Light karya Astrid Tito & T. Akbar Maulana meliputi (a)
kekerabatan antara tokoh Bagas dengan Galih, dan Abay dengan orangtuanya;(b)
ekonomi keluarga Bagas yang kaya dan keluarga Abay yang sederhana;(c)
pendidikan Bagas seorang pelajar yang pandai, sedangkan Teguh dan Abay
merupakan pelajar pandai yang mendapat beasiswa sekolah di luar negeri;(d) cinta
kasih ibu kepada anaknya dan cinta kasih lawan jenis;(e) keagamaan terhadap
Allah Swt ketika Abay beribadah dan bersyukur. Pembelajaran novel Boys
Beyond The Light karya Astrid Tito & T. Akbar Maulana di SMA menggunakan
model think pair share (TPS) dengan langkah meliputi: (a) think berpikir dengan
materi yang disajikan; (b) pair, siswa berpasangan dan berdiskusi tentang materi
yang disajikan; (c) share menyampaikan hasil diskusi kelompoknya mengenai
bahan ajar yang dipelajari.