Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesalahan peng-gunaan konjungtor pada rubrik Sosok harian Kompas bulan Oktober 2016 dan (2) rencana pelaksanaan pembelajarannya dalam menulis teks biografi di kelas X SMA.
Sumber data penelitian ini berupa 10 dari 26 rubrik Sosok harian Kom-pas bulan Oktober 2016. Teknik untuk mengumpulkan data adalah teknik simak dan teknik catat. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, dibantu kartu pencatat data. Dalam menganalisis data penelitian ini, digunakan teknik ganti. Teknik untuk menyajikan hasil analisis data adalah teknik penyajian informal.
Dari hasil penelitian disimpulkan (1) penggunaan konjungtor pada rubrik Sosok harian Kompas bulan Oktober 2016 sebagian tidak sesuai dengan kai-dah bahasa Indonesia. Kesalahan penggunaan konjungtor dapat dirinci (a) penggunaan konjungtor koordinatif ditemukan dua kesalahan, kesalahan terse-but terjadi karena konjungtor koordinatif digunakan sebagai penghubung klau-sa yang tidak sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai penghubung unsur-unsur yang tidak sama dan digunakan sebagai penghubung antarparagraf, (b) peng-gunaan konjungtor korelatif ditemukan dua kesalahan, kesalahan tersebut ter-jadi karena konjungtor korelatif tidak digunakan bersama pasangannya dan digunakan dengan pasangan yang salah, (c) penggunaan konjungtor subordi-natif ditemukan tujuh kesalahan, kesalahan tersebut terjadi karena dua kon-jungtor subordinatif digunakan dalam satu kalimat sehingga kalimat majemuk bertingkat tidak memiliki induk kalimat, (d) penggunaan konjungtor antarkali-mat ditemukan empat belas kesalahan, kesalahan tersebut terjadi karena kon-jungtor tersebut digunakan sebagai penghubung antarparagraf dan antarklausa, (e) penggunaan konjungtor tidak baku ditemukan sebelas, konjungtor tidak ba-ku salah karena tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran penggunaan konjungtor pada pembelajaran menulis teks biografi di SMA kelas X sesuai dengan kompetensi dasar 4.15 Menyusun Teks Biografi Tokoh. Hasil analisis kesalahan penggunaan konjungtor pada rubrik Sosok dapat dijadikan sebagai media pembelajaran menulis teks biogra-fi dengan menggunakan metode kuantum. Langkah-langkah pembelajarannya antara lain: setiap kelompok menganalisis rubrik yang dibagikan (menamai, struktur, dan kebahasaan), setiap individu menyusun teks biografi, dan mende-monstrasikan.