Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK NOVEL DASAMUKA KARYA JUNAEDI SETIYONO DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Show simple item record

dc.date.accessioned 2018-02-05T05:07:14Z
dc.date.available 2018-02-05T05:07:14Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1320
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono; (2) strukturalisme genetik novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono; (3) rencana pembelajaran novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono di kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono dan rencana pembelajarannya di kelas XI SMA. Fokus penelitian ini strukturalisme genetik novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono serta rencana pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan kartu pencatat data. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode studi pustaka. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian analisis disajikan dengan teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono terdiri dari: (a) tema: perjuangan untuk mengangkat harkat dan martabat manusia; (b) tokoh utama: Willem berwatak pandai, penuh keyakinan, dan penuh rasa ingin tahu; Dasamuka berwatak cerdik dan percaya diri; tokoh tambahan: Den Wahyana, Ki Sena, Pieter, Kiai Ngarip, Den Mas Suryanata, Rara Ireng, Sutan Jarot, Semi, dan Ngusman; (c) alur: maju; (d) latar tempat: Keraton Ngayogyakarta, Loji Tuan Thompson, dan Puri Tegalreja; latar waktu: pagi, siang, sore, malam hari, tahun 1811, 1816, 1823, dan tahun 1824; latar sosial: kebudayaan Jawa yang meliputi, adat istiadat, pandangan hidup, dan bentuk tempat tinggal; (2) strukturalisme genetik novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono terdiri dari (a) fakta kemanusiaan: fakta kemanusiaan kreasi kultural, aktivitas sosial, dan fakta kemanusiaan aktivitas politik; (b) subjek kolektif: perbedaan kelompok priyayi dan kelompok wong cilik (orang kecil); (c) pandangan dunia pengarang: pandangan kemanusiaan; (3) rencana pembelajaran novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono sesuai dengan kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan; model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran kooperatif model Team Game Tournament (TGT); metode yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan; langkah-langkah pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject strukturalisme genetik, novel, rencana pembelajaran en_US
dc.title ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK NOVEL DASAMUKA KARYA JUNAEDI SETIYONO DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account