dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) unsur intrinsik novel
Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto, (2) aspek-aspek sosiologi sastra dan
hubungan antaraspek sosiologi sastra novel Karena Aku Tak Buta karya Redy
Kuswanto, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Karena Aku Tak Buta karya
Redy Kuswanto di kelas XII SMA.
Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer: novel Karena Aku Tak
Buta karya Redy Kuswanto, dan sumber data sekunder: buku-buku sebagai acuan
penelitian dan internet. Objek penelitian ini adalah aspek sosiologi sastra dan
hubungan antaraspek sosiologi sastra.Fokus penelitian ini, yaitu: unsur intrinsik
(tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan amanat), aspek-aspek
sosiologi sastra (aspekkekerabatan, aspek cinta kasih, aspek pendidikan, dan aspek
ekonomi); hubungan antaraspek sosiologi sastra (hubungan aspek ekonomi dengan
cinta kasih, kekerabatan dengan cinta kasih, kekerabatan dengan ekonomi,
kekerabatan dengan pendidikan, pendidikan dengan cinta kasih dan hubungan aspek
ekonomi dengan pendidikan); dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XII
SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik catat.
Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dibantu dengan
kartupencatat data danalattulisnya. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan
content analysis (analisis isi). Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik
novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto, meliputi (a) tema: tumbuh
kembangnya seseorang dalam budaya Indonesia; (b) tokoh dan penokohan, meliputi
tokoh utama: Zad dan Gendis; tokoh tambahan: Fya, Yod, Rhean, Pak Pram, Pak
Margono, Bu Tursih, Atma, Mas Gendro, dan Pak Gio; (c) latar: waktu, tempat,
suasana; (d) alur: alur campuran, meliputi: alur mundur (flashback) dan alur maju; (e)
sudut pandang: orang ketiga serba tahu; (f) amanat: belajarlah untuk mencintai,
menghargai, dan mengeksistensikan kebudayaan yang ada di Indonesia; (2) aspekaspek
sosiologi sastra novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto meliputi:
aspek kekerabatan, aspek cinta kasih, aspek ekonomi, dan aspek pendidikan; (3)
hubungan antaraspek sosiologi sastra novel Karena Aku Tak Buta karya Redy
Kuswanto meliputi hubungan aspek ekonomi dengan cinta kasih, kekerabatan dengan
cinta kasih, kekerabatan dengan ekonomi, kekerabatan dengan pendidikan,
pendidikan dengan cinta kasih, dan hubungan aspek ekonomi dengan pendidikan; dan
(4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Karena Aku Tak Buta karya Redy
Kuswanto di kelas XII SMA. Metode pembelajaran yang digunakan: metode
Numbered-Head Together (NHT). Evaluasi dalam pembelajaran ini yaitu tertulis
dengan menggunakan tes esai dan lisan. |
en_US |