Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVELKARENA AKU TAK BUTA KARYA REDY KUSWANTO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Wijayanti, Eko Apri
dc.date.accessioned 2018-02-05T05:13:24Z
dc.date.available 2018-02-05T05:13:24Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1321
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) unsur intrinsik novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto, (2) aspek-aspek sosiologi sastra dan hubungan antaraspek sosiologi sastra novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto, (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto di kelas XII SMA. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer: novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto, dan sumber data sekunder: buku-buku sebagai acuan penelitian dan internet. Objek penelitian ini adalah aspek sosiologi sastra dan hubungan antaraspek sosiologi sastra.Fokus penelitian ini, yaitu: unsur intrinsik (tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan amanat), aspek-aspek sosiologi sastra (aspekkekerabatan, aspek cinta kasih, aspek pendidikan, dan aspek ekonomi); hubungan antaraspek sosiologi sastra (hubungan aspek ekonomi dengan cinta kasih, kekerabatan dengan cinta kasih, kekerabatan dengan ekonomi, kekerabatan dengan pendidikan, pendidikan dengan cinta kasih dan hubungan aspek ekonomi dengan pendidikan); dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XII SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik catat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dibantu dengan kartupencatat data danalattulisnya. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan content analysis (analisis isi). Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto, meliputi (a) tema: tumbuh kembangnya seseorang dalam budaya Indonesia; (b) tokoh dan penokohan, meliputi tokoh utama: Zad dan Gendis; tokoh tambahan: Fya, Yod, Rhean, Pak Pram, Pak Margono, Bu Tursih, Atma, Mas Gendro, dan Pak Gio; (c) latar: waktu, tempat, suasana; (d) alur: alur campuran, meliputi: alur mundur (flashback) dan alur maju; (e) sudut pandang: orang ketiga serba tahu; (f) amanat: belajarlah untuk mencintai, menghargai, dan mengeksistensikan kebudayaan yang ada di Indonesia; (2) aspekaspek sosiologi sastra novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto meliputi: aspek kekerabatan, aspek cinta kasih, aspek ekonomi, dan aspek pendidikan; (3) hubungan antaraspek sosiologi sastra novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto meliputi hubungan aspek ekonomi dengan cinta kasih, kekerabatan dengan cinta kasih, kekerabatan dengan ekonomi, kekerabatan dengan pendidikan, pendidikan dengan cinta kasih, dan hubungan aspek ekonomi dengan pendidikan; dan (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Karena Aku Tak Buta karya Redy Kuswanto di kelas XII SMA. Metode pembelajaran yang digunakan: metode Numbered-Head Together (NHT). Evaluasi dalam pembelajaran ini yaitu tertulis dengan menggunakan tes esai dan lisan. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject unsur intrinsik, sosiologi sastra, novel karena aku tak buta en_US
dc.title ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVELKARENA AKU TAK BUTA KARYA REDY KUSWANTO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account