Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: 1) model pembelajaran
Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas
VIII A MTs Khr Ilyas Buluspesantren, 2) model pembelajaran Think-Talk-Write
(TTW) dapat meningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A MTs
khr Ilyas Buluspesantren.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs Khr Ilyas Buluspesantren tahun
pelajaran 2016/2017 berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan
11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi
dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) model pembelajaran
Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas
VIII A MTs Khr Ilyas Buluspesantren yaitu pada siklus I masih banyak siswa
yang belum bisa menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objekobjek
menurut
sifat tertentu, belum dapat menggunakan prosedur yang tepat, dan
mengaitkan berbagai konsep kemudian pada siklus II yaitu hampir semua siswa
mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek
menurut sifat tertentu, mampu menggunakan prosedur yang tepat serta dapat
mengaitkan berbagai konsep. Hasil dalam persentase menunjukkan pada siklus I
69,23% meningkat pada siklus II sebesar 76,92%. 2) model pembelajaran ThinkTalk-Write
(TTW) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas
VIII A MTs Khr Ilyas Buluspesantren. Pada siklus I nilai rata-rata prestasi belajar
matematika 72,46 dengan presentase klasikal 73,07% meningkat pada siklus II
yaitu 73,15 dengan presentase klasikal 80,76%.