Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada Siswa Kelas VIII A MTs Khr Ilyas Buluspesantren Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Setiyono, Tri
dc.date.accessioned 2018-02-05T06:11:29Z
dc.date.available 2018-02-05T06:11:29Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1332
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: 1) model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII A MTs Khr Ilyas Buluspesantren, 2) model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A MTs khr Ilyas Buluspesantren. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A MTs Khr Ilyas Buluspesantren tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII A MTs Khr Ilyas Buluspesantren yaitu pada siklus I masih banyak siswa yang belum bisa menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objekobjek menurut sifat tertentu, belum dapat menggunakan prosedur yang tepat, dan mengaitkan berbagai konsep kemudian pada siklus II yaitu hampir semua siswa mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat tertentu, mampu menggunakan prosedur yang tepat serta dapat mengaitkan berbagai konsep. Hasil dalam persentase menunjukkan pada siklus I 69,23% meningkat pada siklus II sebesar 76,92%. 2) model pembelajaran ThinkTalk-Write (TTW) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A MTs Khr Ilyas Buluspesantren. Pada siklus I nilai rata-rata prestasi belajar matematika 72,46 dengan presentase klasikal 73,07% meningkat pada siklus II yaitu 73,15 dengan presentase klasikal 80,76%. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject pemahaman konsep, prestasi belajar matematika, Think-Talk-Write en_US
dc.title Peningkatan Pemahaman Konsep dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) pada Siswa Kelas VIII A MTs Khr Ilyas Buluspesantren Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account