Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUWARASAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Novianti, Wiwi Ratna
dc.date.accessioned 2018-02-05T06:44:10Z
dc.date.available 2018-02-05T06:44:10Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1345
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis teks berita dengan media gambar peristiwa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuwarasan tahun pelajaran 2016/2017; (2) pengaruh penggunaan media gambar peristiwa terhadap sikap dan minat siswa dalam menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuwarasan tahun pelajaran 2016/2017; (3) peningkatan kemampuan menulis menulis teks berita dengan media gambar peristiwa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuwarasan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga tahap yaitu, prasiklus, siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kuwarasan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Pengecekan keabsahan data mengunakan teknik triangulasi metode, teori dan sumber. Penyajian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik informal. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis teks berita dengan media gambar peristiwa, yaitu (a) guru menerangkan materi tentang menulis teks berita; (b) guru membagikan gambar peristiwa kepada siswa; (c) siswa mengamati gambar peristiwa yang telah dibagikan; (d) peneliti meminta siswa untuk menuliskan pokok-pokok penting yang terdapat dalam gambar peristiwa, yakni ADIKSIMBA; (e) siswa mengembangkan pokok penting berita menjadi teks berita yang singkat jelas dan padat; (2) pengaruh pembelajaran menulis teks berita dengan media gambar peristiwa terhadap sikap dan minat siswa dapat dilihat dari hasil pengamatan. Pada prasiklus I sikap siswa hanya mencapai 46,9% dan minat 37,5%. Pada siklus I sikap siswa mencapai 71,9% dan minat 68,8%. Pada siklus II sikap siswa meningkat menjadi 87,5% dan minat siswa menjadi 90,7%; (3) peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan media gambar peristiwa terlihat dari meningkatnya jumlah nilai rata-rata kelas. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II mencapai 8,50, sedangkan peningkatan dari prasiklus ke siklus II mencapai 16,88. Nilai rata-rata kemampuan siswa dalam menulis teks berita yang diperoleh pada prasiklus adalah 62,91. Pada siklus I, nilai rata-rata kemampuan menulis teks berita mengalami peningkatan sebesar 8,47 dari 62,91 menjadi 71,38. Pada siklus II, nilai rata-rata kemampuan menulis teks berita mencapai 79,78. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject kemampuan menulis, teks berita, dan media gambar peristiwa en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUWARASAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account