Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar
dan kepercayaan diri siswa yang dikenai model pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) lebih baik daripada prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa
yang dikenai model pembelajaran Jigsaw; dan (2) apakah model pembelajaran
Teams Games Tournament (TGT) efektif diterapkan di kelas VIII SMP Negeri 1
Kutowinangun tahun pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Kutowinangun tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan
sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data
yang digunakan adalah metode dokumentasi, angket, tes, dan observasi. Instrumen
penelitian berupa tes prestasi belajar, angket kepercayaan diri, dan lembar
keterlaksanaan. Teknik analisis data menggunakan uji multivariat dan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka dapat
disimpulkan bahwa: (1) prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa yang dikenai
model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih baik daripada
prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa yang dikenai model pembelajaran
Jigsaw; dan (2) model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) tidak
efektif jika diterapkan di kelas VIII SMP Negeri 1 Kutowinangun tahun pelajaran
2016/2017.