Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NURUL MUTTAQIN KEMIRI

Show simple item record

dc.contributor.author Adji, Fajar Purnama
dc.date.accessioned 2018-02-05T06:53:43Z
dc.date.available 2018-02-05T06:53:43Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1350
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh media audio visual terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Nurul Muttaqin Kemiri dalam menulis teks berita; (2) pengaruh penerapan media audio visual terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Nurul Muttaqin Kemiri; (3) perbandingan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Nurul Muttaqin Kemiri yang diajar dengan menggunakan media audio visual dengan siswa yang diajar dengan media berbasis cetakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Quasi Experimental Design). Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek penelitian ini berjumlah 56 siswa kelas VIII SMP Nurul Muttaqin Kemiri, yang terdiri dari 28 siswa kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen dan 28 siswa kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan nontes. KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Nurul Muttaqin Kemiri yaitu 74. Pengujian validitas instrumen menggunakan teknik Product Moment dan reliabilitas instrumen menggunakan teknik Alpha Cronbach. Sedangkan, pengujian normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan homogenitas menggunakan uji Bartlett. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami perubahan yang positif setelah mendapat perlakuan dengan menggunakan media audio visual. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas memperhatikan pembelajaran sebesar 12,8%, bertanya dan menanggapi dalam proses pembelajaran meningkat sebesar 11,07%, mengerjakan tugas meningkat sebesar 16,66%, dan sikap dalam pembelajaran meningkat sebesar 3,34%. Selain itu, hasil uji hipotesis dengan uji t dua pihak pada signifikansi = 0,05 diperoleh nilai thitung = -8.745, nilai ttabel = 1,70 dan Sig. (0,000) < (0,05). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh media audio visual pada kelas eksperimen. Kemudian, perhitungan uji statistik menggunakan Independet Samples Test diperoleh thitung = -2.294 dan ttabel = 1,70. Nilai thitung jauh pada penerimaan ttabel yakni thitung (2.294) > ttabel (1.70) atau thitung (-2.294) < -ttabel (-1.70) sehingga thitung berada pada daerah penolakan Ho. Oleh karena itu, dapat dikemukakan bahwa kemampuan menulis teks berita yang diajar dengan menggunakan media audio visual lebih baik daripada yang diajar menggunakan media berbasis cetakan. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject media audio visual, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan menulis teks berita. en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NURUL MUTTAQIN KEMIRI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account