Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI PENDIDIKAN NOVEL BINTANG PUN BERTASBIH KARYA EKO HARTONO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Wicaksono, Bangun
dc.date.accessioned 2018-02-05T07:42:05Z
dc.date.available 2018-02-05T07:42:05Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1357
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) unsur intrinsik novel Bintang Pun Bertasbih karya Eko Hartono; (2) nilai pendidikan novel Bintang Pun Bertasbih karya Eko Hartono; dan (3) rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XII SMA. Sumber data penelitian ini ialah novel Bintang Pun Bertasbih karya Eko Hartono. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan novel Bintang Pun Bertasbih yang datanya berupa kutipan-kutipan. Fokus penelitian ini ialah nilai pendidikan agama, nilai pendidikan moral dan nilai pendidikan sosial. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teknik pustaka, dan teknik catat. Instrumen penelitiannya adalah penulis sendiri sebagai peneliti. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) unsur intrinsik novel Bintang Pun Bertasbih karya Eko Hartono meliputi: (a) tema : perjuangan sebuah organisasi di sekolah, dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat untuk membantu orang lain dalam memecahkan masalah dan momotivasi agar tidak mudah menyerah; (b) tokoh : Azizah (jujur dan baik), dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat untuk melatih keluarga berperilaku baik dan jujur; Rifky (tegas dan bijaksana), dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat untuk menjadikan berwibawa dan ditakuti orang lain; Asti (baik dan homoris), dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat untuk menjadikan seseorang mudah bergaul; (c) alur : maju, karena diceritakan dari rencana kegiatan sampai dengan selesai kegiatan dengan berbagai rintangan; (d) latar : tempat : kampung banaran; waktu : siang hari; sosial : keadaan tempat tinggal memperlihatkan golongan sosial kelas ekonomi ke bawah dan apabila dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari bermanfaat untuk menggugah hari sesama untuk membantu; (e) sudut pandang : Orang pertama tunggal dan orang pertama jamak; (f) amanat : jangan pernah menyerah walau banyak cobaan, apabila dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari bermanfaat untuk memotivasi seseorang disekitar kita agar tidak menyerah. (2) nilai pendidikan novel Bintang Pun Bertasbih karya Eko Hartono mencakup tiga aspek, yaitu : (a) nilai pendidikan agama : bermanfaat untuk mengingatkan manusia agar sesalu ingat Allah dan menghormati agama lain; (b) nilai pendidikan moral : bermanfaat untuk melatih seseorang berperilaku baik; dan (c) nilai pendidikan sosial : bermanfaat untuk menghormati sesama manusia . (3) Rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XII SMA berdasarkan kompetensi dasar 3.9 menganalisis isi novel dan kebahasaan dengan menggunakan metode kuantum langkah TANDUR. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Nilai pendidikan novel, rencana pelaksanaan pembelajarannya en_US
dc.title NILAI PENDIDIKAN NOVEL BINTANG PUN BERTASBIH KARYA EKO HARTONO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account