Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis
siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 15 Purworejo sebanyak
4 siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data yang dianalisis
pada penelitian ini antara lain jawaban tes siswa dan hasil wawancara yang
dilakukan peneliti terhadap subjek penelitian. Analisa data yang dilakukan melalui
beberapa tahapan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/
verification.
Indikator dalam penelitian ini yaitu, menggunakan fakta-fakta secara tepat
dan jujur, mengorganisasi pikiran dan mengungkapkannya dengan jelas, logis atau
masuk akal, membedakan antara kesimpulan yang didasarkan pada logika yang valid
dengan logika yang tidak valid, mengidentifikasi kecukupan data, dan menyangkal
suatu argumen yang tidak relevan dan menyampaikan argumen yang relevan. Dari
penelitian ini, kemampuan berpikir kritis siswa untuk indikator mengidentifikasi
kecukupan data dapat dipenuhi semua subjek dan terdapat subjek yang memenuhi
indikator maksimal. Berdasarkan tingkat berpikir kritis (TBK), maka subjek
berada pada TBK 0, TBK 1 untuk dua subjek dan TBK 3. Siswa pada TBK 3
mampu memenuhi kelima indikator berpikir kritis, kemampuan memberikan
alasan dan mengkomunikasikan jawabannya dengan baik dan lancar. Dua subjek
dengan TBK 1 mampu memenuhi 2 dan 3 indikator, mampu memberikan alasan
dan mengkomunikasikan pada beberapa indikator cukup baik. Sedangkan siswa
dengan TBK 0 mampu memenuhi satu indikator berpikir kritis untuk keempat
soal, kemampuannya untuk memberikan alasan pada jawaban masih kurang tepat
dan kemampuannya untuk mengkomunikasikan pada semua indikator masih
sangat kurang.