Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Winarsih
dc.date.accessioned 2018-02-05T07:46:15Z
dc.date.available 2018-02-05T07:46:15Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1360
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 15 Purworejo sebanyak 4 siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain jawaban tes siswa dan hasil wawancara yang dilakukan peneliti terhadap subjek penelitian. Analisa data yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Indikator dalam penelitian ini yaitu, menggunakan fakta-fakta secara tepat dan jujur, mengorganisasi pikiran dan mengungkapkannya dengan jelas, logis atau masuk akal, membedakan antara kesimpulan yang didasarkan pada logika yang valid dengan logika yang tidak valid, mengidentifikasi kecukupan data, dan menyangkal suatu argumen yang tidak relevan dan menyampaikan argumen yang relevan. Dari penelitian ini, kemampuan berpikir kritis siswa untuk indikator mengidentifikasi kecukupan data dapat dipenuhi semua subjek dan terdapat subjek yang memenuhi indikator maksimal. Berdasarkan tingkat berpikir kritis (TBK), maka subjek berada pada TBK 0, TBK 1 untuk dua subjek dan TBK 3. Siswa pada TBK 3 mampu memenuhi kelima indikator berpikir kritis, kemampuan memberikan alasan dan mengkomunikasikan jawabannya dengan baik dan lancar. Dua subjek dengan TBK 1 mampu memenuhi 2 dan 3 indikator, mampu memberikan alasan dan mengkomunikasikan pada beberapa indikator cukup baik. Sedangkan siswa dengan TBK 0 mampu memenuhi satu indikator berpikir kritis untuk keempat soal, kemampuannya untuk memberikan alasan pada jawaban masih kurang tepat dan kemampuannya untuk mengkomunikasikan pada semua indikator masih sangat kurang. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Berpikir kritis en_US
dc.title Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account