Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA ANAK MENGGUNAKAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KROYA TAHUN AJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Dewi, Ulfa Faradina
dc.date.accessioned 2018-02-05T07:49:20Z
dc.date.available 2018-02-05T07:49:20Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1362
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) penerapan pembelajaran menulis cerita anak menggunakan metode two stay two stray pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kroya; (2) pengaruh minat belajar siswa menggunakan metode two stay two stray pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kroya; dan (3) peningkatan kemampuan siswa menulis cerita anak menggunakan metode two stay two stray pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kroya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 3 Kroya Tahun Pelajaran 2016/2017 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik tes berupa tes tertulis menulis cerita anak untuk mengetahui kemampuan menulis cerita anak siswa, sedangkan teknik nontes meliputi observasi, angket, dan dokumentasi untuk mengetahui perubahan minat belajar siswa setelah menggunakan metode two stay two stay. Dalam analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan teknik validitas data melalui triangulasi. Dalam penyajian analisis data menggunakan media informal. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) penerapan pembelajaran menulis cerita anak menggunakan metode two stay two stray meliputi, siswa berdiskusi menentukan tema dan isi cerita anak dengan anggota kelompok yang teriri atas empat siswa, dua siswa dari setiap kelompok berkunjung ke kelompok lain, dua orang yang tinggal bertugas membagikan hasil diskusi, kembali ke kelompok masing-masing untuk membahas hasil informasi yang didapatkan, setiap siswa menulis cerita anak yang sesuai dengan informasi yang diperoleh; (2) peningkatan minat belajar siswa menggunakan metode two stay two stray sangat baik. Hal ini terbukti dari persentase siswa ketika memperhatikan materi yang disampaikan guru pada tahap prasiklus sebesar 34,3%. Setelah menggunakan metode two stay two straymeningkat menjadi 87,5% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 93,75% pada siklus II; (3) peningkatan kemampuan siswa dalam menulis cerita anak pada tahap prasiklus nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 69.3, pada siklus I meningkat menjadi 7.6, dan meningkat lagi menjadi 86.2 pada siklus II. Siswa yang tuntas pada tahap prasiklus sebanyak 12 siswa, pada tahap siklus I meningkat menjadi 25 siswa, dan meningkat lagi menjadi 32 siswa pada tahap siklus II. Dengan demikian, metode two stay two stray dapat meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis cerita anak. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject kemampuan menulis cerita anak, metode two stay two stray. en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA ANAK MENGGUNAKAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KROYA TAHUN AJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account