Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP SULTAN AGUNG PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Daria, Yofita
dc.date.accessioned 2018-02-05T07:52:08Z
dc.date.available 2018-02-05T07:52:08Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1364
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis puisi dengan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar, (2) peningkatan keterampilan menulis puisi dengan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar, dan (3) perubahan minat dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Sultan Agung Purworejo setelah mengikuti pelajaran menulis puisi dengan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian kolaborasi dengan pihak lain untuk guru yang lebih baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun dalam penyajian hasil digunakan metode informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) proses pembelajaran menulis puisi menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP Sultan Agung Purworejo dilakukan dalam enam tahap, yaitu (a) peneliti memberikan gambaran tentang model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar, (b) peneliti memberikan contoh menulis puisi dengan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar, (c) siswa diberikan tugas menulis puisi berdasarkan gambar yang telah disediakan dengan cara berkelompok, (d) peneliti mengawasi dan memberi motivasi kepada siswa saat proses pembelajaran, (e) siswa mempresentasikan hasil menulis puisinya di depan kelas, (f) peneliti memberikan penilaian hasil puisi siswa; (2) peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP Sultan Agung Purworejo mengalami peningkatan dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 73, dapat dilihat berdasarkan hasil prasiklus, nilai rata-rata menulis puisi masih rendah yaitu 64,76. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 75,45. Pada siklus II, nilai ratarata mencapai 80,33; (3) perubahan minat dan perilaku pada siswa kelas VII SMP Sultan Agung Purworejo setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar dapat dikatakan meningkat dan berubah ke arah positif. Hal itu terlihat dari jumlah siswa 33 hasil angket prasiklus terdapat 8 siswa atau 24,24%, siklus I sebesar 25 siswa atau 75,75% , dan siklus II sebesar 29 siswa atau 87,87%. Pada hasil observasi prasiklus sebesar 5 siswa atau 15,15%, siklus I sebesar 15 siswa atau 45,45%, dan siklus II sebesar 24 siswa atau 72,72%. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Menulis Puisi, Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Gambar en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP SULTAN AGUNG PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account