dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) proses pembelajaran
menulis puisi dengan model contextual teaching and learning (CTL) melalui
media gambar, (2) peningkatan keterampilan menulis puisi dengan model
contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar, dan (3) perubahan
minat dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Sultan Agung Purworejo setelah
mengikuti pelajaran menulis puisi dengan model contextual teaching and learning
(CTL) melalui media gambar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan
kelas adalah penelitian kolaborasi dengan pihak lain untuk guru yang lebih baik.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari (1) tahap
perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, dan (4) refleksi.Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun dalam
penyajian hasil digunakan metode informal.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) proses pembelajaran
menulis puisi menggunakan model contextual teaching and learning (CTL)
melalui media gambar pada siswa kelas VII SMP Sultan Agung Purworejo
dilakukan dalam enam tahap, yaitu (a) peneliti memberikan gambaran tentang
model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar, (b) peneliti
memberikan contoh menulis puisi dengan model contextual teaching and learning
(CTL) melalui media gambar, (c) siswa diberikan tugas menulis puisi berdasarkan
gambar yang telah disediakan dengan cara berkelompok, (d) peneliti mengawasi
dan memberi motivasi kepada siswa saat proses pembelajaran, (e) siswa
mempresentasikan hasil menulis puisinya di depan kelas, (f) peneliti memberikan
penilaian hasil puisi siswa; (2) peningkatan keterampilan menulis puisi
menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media
gambar pada siswa kelas VII SMP Sultan Agung Purworejo mengalami
peningkatan dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 73, dapat dilihat
berdasarkan hasil prasiklus, nilai rata-rata menulis puisi masih rendah yaitu 64,76.
Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 75,45. Pada siklus II, nilai ratarata
mencapai 80,33; (3) perubahan minat dan perilaku pada siswa kelas VII SMP
Sultan Agung Purworejo setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi
menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media
gambar dapat dikatakan meningkat dan berubah ke arah positif. Hal itu terlihat
dari jumlah siswa 33 hasil angket prasiklus terdapat 8 siswa atau 24,24%, siklus I
sebesar 25 siswa atau 75,75% , dan siklus II sebesar 29 siswa atau 87,87%. Pada
hasil observasi prasiklus sebesar 5 siswa atau 15,15%, siklus I sebesar 15 siswa
atau 45,45%, dan siklus II sebesar 24 siswa atau 72,72%. |
en_US |