dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran
menulis puisi siswa kelas VII SMP N33 Purworejo; (2) motivasi siswa dalam
pembelajaran menulis puisi setelah menggunakan teknik akrostik dan media
gambar; (3) hasil peningkatan menulis puisi siswa setelah menggunakan teknik
akrostik dan media gambar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga
tahap penelitian, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Kemudian, setiap tahapnya
terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-F SMP Negeri 33 Purworejo
tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu
teknik tes dan nontes. Selain itu, teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik
kuantitatif dan kualitatif. Penulis menggunakan teknik penyajian data dengan
teknik informal. Pada penelitian ini taraf keberhasilan siswa dalam menulis puisi
minimal 75% dengan KKM 75.
Pada hasil penelitian ini ditunjukkan bahwa (1) secara proses adanya
peningkatan pelaksanaan pembelajaran terjadi pada beberapa aspek, yaitu pada
aspek orientasi keberhasilan, antisipasi kegagalan, inovasi, dan tanggung jawab.
Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil observasi selama proses pembelajaran
berlangsung. (2) Peningkatan secara produk dapat dilihat dengan adanya
peningkatan nilai menulis puisi siswa dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II.
Pada tahap prsiklus nilai rata-rata siswa dalam menulis puisi 69,13, pada siklus I
meningkat 4,56 menjadi 73,69, dan pada siklus II meningkat menjadi 78,44. Hasil
tersebut menunjukkan bahwa penerapan teknik akrostik dan media gambar dapat
meningkatkan keteerampilan menulis puisi siswa kela VII SMP Negeri 33
Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. |
en_US |