Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI NAUTIK A SMK NASIONAL PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Suryandari, Yuanita
dc.date.accessioned 2018-02-05T08:09:11Z
dc.date.available 2018-02-05T08:09:11Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1371
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran media audio visual dalam menulis paragraf deskripsi; (2) pengaruh pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media audio visual; dan (3) peningkatan kemampuan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media audio visual pada peserta didik kelas XI Nautik A SMK Nasional Purwokerto tahun pelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI Nautik A SMK Nasional Purwokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa pedoman observasi, angket, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, sedangkan dalam teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan teknik informal. Hasil penelitian ini meliputi: (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan media audio visual pada siswa kelas XI Nautik A SMK Nasional Purwokerto, antara lain: (a) menyampaikan materi, (b) menayangkan video keindahan alam, (c) membuat kerangka deskripsi, (d) mengembang-kan kerangka menjadi paragraf deskripsi, (e) menyampaikan simpulan; (2) pengaruh pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media audio visual mampu meningkatkan minat dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Penilaian berdasarkan lembar observasi dan angket menunjukkan bahwa minat dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran pada prasiklus meningkat dari prasiklus ke siklus I dan siklus II. Hasil observasi prasiklus, siswa masih sedikit yang berperan aktif pada pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 30%, pada siklus I peran siswa sudah meningkat dengan persentase rata-rata 66,67%, dan pada siklus II peran aktif siswa meningkat lagi dengan persentase rata-rata 83,33%; (3) peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada peserta didik kelas XI Nautik A melalui media audio visual dari prasiklus sampai dengan siklus II mengalami peningkatan yang cukup banyak dibuktikan dengan pencapaian nilai peserta didik yang telah melebihi skor KKM sebesar 70. Pada prasiklus, kemampuan menulis paragraf desakripsi peserta didik memperoleh skor rata-rata 60, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 71,3, dan pada siklus II peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 78,8. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 11,3 poin. Selanjutnya, peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,50 poin. Dengan demikian, peserta didik mengalami peningkatan dari prasiklus sampai siklus II sebesar 18,80 poin. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis, paragraf deskripsi, dan media audio visual. en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI NAUTIK A SMK NASIONAL PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account