dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran
media audio visual dalam menulis paragraf deskripsi; (2) pengaruh pembelajaran
menulis paragraf deskripsi dengan media audio visual; dan (3) peningkatan
kemampuan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media audio visual
pada peserta didik kelas XI Nautik A SMK Nasional Purwokerto tahun pelajaran
2016/2017.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus melalui tahap
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30
siswa kelas XI Nautik A SMK Nasional Purwokerto. Pengumpulan data dilakukan
dengan teknik tes dan nontes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data
berupa pedoman observasi, angket, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data
yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, sedangkan dalam teknik
penyajian hasil analisis data yang digunakan teknik informal.
Hasil penelitian ini meliputi: (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan
menulis paragraf deskripsi dengan media audio visual pada siswa kelas XI Nautik A
SMK Nasional Purwokerto, antara lain: (a) menyampaikan materi, (b)
menayangkan video keindahan alam, (c) membuat kerangka deskripsi, (d)
mengembang-kan kerangka menjadi paragraf deskripsi, (e) menyampaikan
simpulan; (2) pengaruh pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media
audio visual mampu meningkatkan minat dan aktivitas siswa dalam pembelajaran.
Penilaian berdasarkan lembar observasi dan angket menunjukkan bahwa minat dan
aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran pada prasiklus meningkat dari
prasiklus ke siklus I dan siklus II. Hasil observasi prasiklus, siswa masih sedikit
yang berperan aktif pada pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 30%,
pada siklus I peran siswa sudah meningkat dengan persentase rata-rata 66,67%, dan
pada siklus II peran aktif siswa meningkat lagi dengan persentase rata-rata 83,33%;
(3) peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada peserta didik kelas XI
Nautik A melalui media audio visual dari prasiklus sampai dengan siklus II
mengalami peningkatan yang cukup banyak dibuktikan dengan pencapaian nilai
peserta didik yang telah melebihi skor KKM sebesar 70. Pada prasiklus,
kemampuan menulis paragraf desakripsi peserta didik memperoleh skor rata-rata
60, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 71,3, dan pada siklus II peserta didik
memperoleh rata-rata sebesar 78,8. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar
11,3 poin. Selanjutnya, peningkatan kemampuan peserta didik dari siklus I ke siklus
II mengalami peningkatan sebesar 7,50 poin. Dengan demikian, peserta didik
mengalami peningkatan dari prasiklus sampai siklus II sebesar 18,80 poin. |
en_US |