Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL VAK PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 ADIMULYO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Fathonah, Siti
dc.date.accessioned 2018-02-05T08:13:22Z
dc.date.available 2018-02-05T08:13:22Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1374
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa melalui model pembelajaran VAK. (2) Motivasi siswa dalam pembelajaran menulis puisi melalui model pembelajaran VAK pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Adimulyo tahun pelajaran 2016/2017; dan (3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis puisi melalui model pembelajaran VAK pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Adimulyo tahun pelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Adimulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, sedangkan dalam teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan teknik informal. Keberhasilan proses dan produk dapat dilihat dari peningkatan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran menulis puisi melalui VAK mencapai taraf keberhasilan minimal 75%. Hasil penelitian ini meliputi: (1) proses pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui model VAK pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Adimulyo, antara lain: (a) guru menyampaikan materi; (b) guru memberikan gambar sesuai tema; (c) siswa mengidentifikasi poin penting dalam gambar; (d) siswa memilih diksi; (e) guru memutarkan lagu, (f) siswa menulis puisi, (g) guru menyampaikan simpulan; (2) pengaruh pembelajaran menulis puisi melalui model VAK mampu meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan. Pada prasiklus, motivasi siswa dalam proses pembelajaran masih rendah dengan persentase 30,48%, pada siklus I meningkat menjadi 62,90%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 95,96%; (3) peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII B melalui model VAK dari prasiklus sampai dengan siklus II mengalami peningkatan yang cukup banyak. Pada prasiklus, skor rata-rata yang diperoleh siswa dalam menulis puisi adalah 69,3, pada siklus I, skor rata-rata siswa meningkat menjadi 74, dan pada siklus II, siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 79,9. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 4,7 poin. Selanjutnya, peningkatan kemampuan siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,9 poin. Dengan demikian, siswa mengalami peningkatan dari prasiklus sampai siklus II sebesar 10,6 poin. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis, puisi, dan model VAK (visual, audio, kinestetik). en_US
dc.title PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL VAK PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 ADIMULYO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account