Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Analisis Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pythagoras pada Siswa SMP Kelas VIII

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmawati, Gianlucy
dc.date.accessioned 2018-02-05T08:30:21Z
dc.date.available 2018-02-05T08:30:21Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1383
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah Pythagoras pada siswa SMP kelas VIII. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 28 Purworejo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada materi pythagoras. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan purposive sampling dan snowball sampling berdasarkan siswa yang berprestasi, bernalar dengan baik, serta aktif di kelas diharapkan mampu bernalar analogi dengan baik. Peneliti menganalisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusing drawing/ verification. Validasi instrumen soal penalaran analogi oleh dosen pendidikan matematika. Instrumen kunci dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dan instrumen lain sebagai instrumen pendukung. Instrumen pendukung berupa soal tes penalaran analogi, panduan wawancara tak terstruktur, serta foto, rekaman, dan video. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa tahapan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah pythagoras melalui tahap: 1). Encoding: siswa dapat menulis rumus panjang garis AC dengan melihat jawaban sebelumnya, yaitu mencari panjang garis DE; 2). Inferring: siswa dapat menghubungkan kesamaan antara garis DE dengan garis AC yaitu sama-sama merupakan sisi miring; 3). Mapping: siswa dapat menarik kesimpulan berdasarkan kesamaan rumus dalam mencari panjang garis DE dan panjang garis AC; 4). Applying: siswa dapat memilih rumus yang digunakan untuk melengkapi jawaban yaitu rumus Pythagoras, serta dapat menggunakan rumus Pythagoras untuk mencari panjang garis AC. Dengan demikian, dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tahapan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah Pythagoras dengan tahapan: menulis rumus, menghubungkan kesamaan, menarik kesimpulan, dan memilih rumus yang digunakan untuk melengkapi jawaban. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject penalaran analogi, menyelesaikan masalah pythagoras en_US
dc.title Analisis Penalaran Analogi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Pythagoras pada Siswa SMP Kelas VIII en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account