Abstract:
Peningkatan Pemahaman Konsep Dan
Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Belajar PQ4R Terhadap Siswa
Kelas VIII-A MTs Ma’arif Giwangretno Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi.
Pendidikan Matematika. FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi PQ4R
dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII-A MTs Ma’arif
Giwangretno, apakah penerapan strategi PQ4R dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas VIII-A MTs Ma’arif Giwangretno.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Sedangkan variabel yang digunakan dalam peneliti ini
adalah strategi PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review). Sebagai
subjek adalah siswa kelas VIII-A MTs Ma’arif Giwangretno yang berjumlah 20
siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar
obeservasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan Hasil penelitian maka dapat di simpulkan bahwa: (1) dengan
menggunakan stategi PQ4R pemahaman konsep siswa kelas VIII A MTs Ma’arif
Giwangretno meningkat. (2) dengan menggunakan stategi PQ4R prestasi belajar
siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Giwangretno meningkat. Dengan demikian,
dapat diajukan suatu rekomendai bahwa pembelajaran metematika dengan
mengunakan strategi PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) dapat
meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa kelas