dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendsikripsikan: (1) penerapan
pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan media gambar dengan
model pembelajaran Numbered Heads Together pada kelas VII SMP Negeri 26
Purworejo, (2) perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis puisi
menggunakan media gambar dengan model pembelajaran Numbered Heads
Together bagi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo, dan (3) peningkatan
keterampilan menulis puisi melalui media gambar dengan model pembelajaran
Numbered Heads Together bagi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain
penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus melalui tahap
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 31
siswa kelas VII B SMP negeri 26 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan
teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa
dalam menulis puisi, sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengetahui data
tingkat keaktifan siswa melalui, wawancara, pedoman observasi, angket, dan
dokumentasi foto. Teknik analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan
kuantitatif, sedangkan dalam teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan
teknik informal.
Hasil penelitian ini meliputi: (1) langkah-langkah pembelajaran
keterampilan menulis puisi melalui media gambar dengan model pembelajaran
NHT pada siswa kelas VII B SMP Negeri 26 Purworejo, antara lain: (a)
menyampaikan materi; (b) memberikan contoh puisi; (c) membagi kelompok; (d)
membagikan gambar; (e) mejelaskan media gambar dan model NHT; (f) menulis
puisi; (g) menyampaikan simpulan, (2) pembelajaran menulis puisi melalui media
gambar dengan model NHT mampu meningkatkan keaktifan siswadalam
pembelajaran. Penilaian berdasarkan lembar observasi dan angket menunjukkan
bahwa keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dari prasiklus meningkat
kesiklus I dan siklus II. Hasil observasi prasiklus, siswa masih kurang berperan
aktif dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 25,80%, pada siklus
I peran siswa sudah meningkat dengan persentase rata-rata 45,16%, dan siklus II
peran aktif siswa meningkat lagi dengan persentase rata-rata 80,64%, (3)
peningkatan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas VII B melalui media
gambar dan model pembelajaran NHT. Pada prasiklus, kemampuan menulis puisi
peserta didik memperoleh skor rata-rata 63,48, pada siklus I memperoleh skor
rata-rata 72,9, dan pada siklus II peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 82,9.
Oleh karena itu, kegiatan keterampilan menulis puisi melaui media gambar dan
model pembelajaran NHT mengalami peningkatan dengan KKM 71. |
en_US |