Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Ramadhani, Riska Dian
dc.date.accessioned 2018-02-05T08:38:15Z
dc.date.available 2018-02-05T08:38:15Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1389
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendsikripsikan: (1) penerapan pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan media gambar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together pada kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo, (2) perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis puisi menggunakan media gambar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together bagi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo, dan (3) peningkatan keterampilan menulis puisi melalui media gambar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together bagi siswa kelas VII SMP Negeri 26 Purworejo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas VII B SMP negeri 26 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis puisi, sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengetahui data tingkat keaktifan siswa melalui, wawancara, pedoman observasi, angket, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif, sedangkan dalam teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan teknik informal. Hasil penelitian ini meliputi: (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui media gambar dengan model pembelajaran NHT pada siswa kelas VII B SMP Negeri 26 Purworejo, antara lain: (a) menyampaikan materi; (b) memberikan contoh puisi; (c) membagi kelompok; (d) membagikan gambar; (e) mejelaskan media gambar dan model NHT; (f) menulis puisi; (g) menyampaikan simpulan, (2) pembelajaran menulis puisi melalui media gambar dengan model NHT mampu meningkatkan keaktifan siswadalam pembelajaran. Penilaian berdasarkan lembar observasi dan angket menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dari prasiklus meningkat kesiklus I dan siklus II. Hasil observasi prasiklus, siswa masih kurang berperan aktif dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata sebesar 25,80%, pada siklus I peran siswa sudah meningkat dengan persentase rata-rata 45,16%, dan siklus II peran aktif siswa meningkat lagi dengan persentase rata-rata 80,64%, (3) peningkatan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas VII B melalui media gambar dan model pembelajaran NHT. Pada prasiklus, kemampuan menulis puisi peserta didik memperoleh skor rata-rata 63,48, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 72,9, dan pada siklus II peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 82,9. Oleh karena itu, kegiatan keterampilan menulis puisi melaui media gambar dan model pembelajaran NHT mengalami peningkatan dengan KKM 71. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulispuisi, media gambar dan model pembelajaran NHT. en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 26PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account