Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan minat siswa
kelas VII F SMP Negeri 33 Purworejo melalui model pembelajaran TAPE. 2)
peningkatan respon siswa kelas VII F SMP Negeri 33 Purworejo melalui model
pembelajaran TAPE.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek
penelitian adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran
2016/2017 berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 12 siswa
perempuan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran TAPE yang
merupakan kombinasi antara model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan
Talking Stick. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu peningkatan minat
dan respon siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode, yaitu
observasi, angket, dan catatan lapangan. Teknis analisis data menggunakan
analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan respon siswa dengan
menggunakan model pembelajaran TAPE. Hal ini dapat ditandai dengan sebagian
besar siswa mendengarkan penjelasan peneliti dengan baik, siswa menjadi aktif
dalam mengerjakan tugas, siswa tidak malu lagi untuk bertanya maupun
menyampaikan pendapat. Hasil angket menunjukkan adanya peningkatan minat
belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TAPE. Hal ini dapat
ditandai dengan siswa yang awalnya tidak merasa senang dan tidak tertarik
terhadap pelajaran matematika menjadi senang dan tertarik terhadap pelajaran
matematika, serta keterlibatan siswa terhadap pelajaran matematika meningkat.
Hasil persentase menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran
TAPE dapat meningkatkan minat siswa yakni di siklus I 66,06% dan siklus II
75,76%. Sedangkan untuk respon siswa pada siklus I sebesar 67,05% meningkat
pada siklus II yaitu 76,04%