Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan minat dan respon siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran TAPE pada siswa kelas VII F SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Wahyunita, Rima
dc.date.accessioned 2018-02-05T08:40:21Z
dc.date.available 2018-02-05T08:40:21Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1390
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan minat siswa kelas VII F SMP Negeri 33 Purworejo melalui model pembelajaran TAPE. 2) peningkatan respon siswa kelas VII F SMP Negeri 33 Purworejo melalui model pembelajaran TAPE. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran TAPE yang merupakan kombinasi antara model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini yaitu peningkatan minat dan respon siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode, yaitu observasi, angket, dan catatan lapangan. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran TAPE. Hal ini dapat ditandai dengan sebagian besar siswa mendengarkan penjelasan peneliti dengan baik, siswa menjadi aktif dalam mengerjakan tugas, siswa tidak malu lagi untuk bertanya maupun menyampaikan pendapat. Hasil angket menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TAPE. Hal ini dapat ditandai dengan siswa yang awalnya tidak merasa senang dan tidak tertarik terhadap pelajaran matematika menjadi senang dan tertarik terhadap pelajaran matematika, serta keterlibatan siswa terhadap pelajaran matematika meningkat. Hasil persentase menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran TAPE dapat meningkatkan minat siswa yakni di siklus I 66,06% dan siklus II 75,76%. Sedangkan untuk respon siswa pada siklus I sebesar 67,05% meningkat pada siklus II yaitu 76,04% en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject minat, respon, TAPE, Think Pair Share, Talking Stick en_US
dc.title Peningkatan minat dan respon siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran TAPE pada siswa kelas VII F SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account