Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS MELALUI TEKS BERITA MENGGUNAKAN METODE STAD PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI I PETANAHAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Jiwandani, Wahyu Indah
dc.date.accessioned 2018-02-05T08:45:56Z
dc.date.available 2018-02-05T08:45:56Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1394
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi (1) penerapan pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks melalui teks berita menggunakan metode STAD; (2) perubahan minat siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks melalui teks berita menggunakan metode STAD; (3) peningkatan hasil keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI MIA I SMA Negeri 1 Petanahan setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode STAD melalui teks berita. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan melalui dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA I SMA Negeri 1 Petanahan tahun pelajaran 2016/2017. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil menulis teks eksplanasi kompleks, sedangkan teknik non tes berupa lembar observasi, angket, catatatan lapangan, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dalam penyajian data digunakan teknik informal. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan (1) penerapan pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks melalui teks berita menggunakan metode STAD yaitu: (a) menjelaskan materi tentang pengertian menulis teks eksplanasi kompleks, dan langkah-langkah dalam menulis teks eksplanasi kompleks; (b) siswa berkelompok secara heterogen; (c) mendiskusikan teks berita untuk mencari tema dan urutan peristiwa; (d) berlatih menulis teks eksplanasi kompleks berdasarkan teks berita yang telah didiskusikan; (2) pembelajaran menggunakan metode STAD melalui teks berita dapat meningkatkan minat siswa, berdasarkan hasil observasi prasiklus dari 22 siswa, 5 atau 22,7% aktif dalam mengikuti pembelajaran, selanjutnya pada tahap siklus I meningkat menjadi 17 atau 77,3%, dan pada tahap siklus II jumlah siswa yang aktif mencapai 19 atau 86,4% siswa. (3) peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks dapat diketahui dari hasil rata-rata nilai siswa, pada prasiklus nilai rata-rata siswa adalah 57,9, selanjutnya pada siklus I terjadi peningkatan 16,1 poin menjadi 74 dan pada siklus II terjadi peningkatan 6,1 poin dari siklus I menjadi 80,1. Nilai tersebut sudah mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode STAD melalui teks berita, keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI MIA I SMA Negeri 1 Petanahan tahun pelajaran 2016/2017 meningkat. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Menulis, Teks Eksplanasi Kompleks, Teks Berita, Metode STAD. en_US
dc.title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS MELALUI TEKS BERITA MENGGUNAKAN METODE STAD PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI I PETANAHAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account