Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik kemampuan
berpikir kritis siswa kelas V SD dalam penyelesaian masalah matematis pada
pokok bahasan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Pangenrejo di Kecamatan
Purworejo sebanyak 3 orang. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive
sampling dan snowball sampling. Teknik analisis data menggunakan triangulasi.
Data yang dikumpulkan berasal dari hasil observasi, hasil tes, dan hasil rekaman
suara serta dokumentasi sebagai pendukung. Tahapan analisa data yaitu data
reduction, data display dan conclusion drawing/ verification.
Dari penelitian diperoleh bahwa karakteristik kemampuan berpikir kritis
siswa sekolah dasar dalam penyelesaian masalah matematis adalah sebagai
berikut: (1) Siswa mempunyai kemampuan penguasaan konsep dan mampu mengaplikasikan
konsep dalam menyelesaikan masalah matematika bersikap diam dan
berpikir, (2) siswa mempunyai kemampuan berpikir rasional atau beralasan
dengan mampu menjelaskan argumen yang dimiliki, (3) siswa mempunyai
kemampuan berpikir reflektif dengan siswa akan fokus dengan permasalahan yang
dihadapi, (4) siswa mempunyai kemampuan pemahaman terhadap permasalahaan
karakteristik siswa akan merasa bimbang dengan apa yang dipahami tetapi siswa
akan dapat memutuskan suatu kebenarannya dengan pengetahuan dan
pemahaman, (5) siswa mempunyai kepercayaan diri dalam pengambilan
keputusan dengan mampu menjawab atau mampu menyampaikan jawabannya.