dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) penerapan pembelajaran
menulis puisi menggunakan metode picture and picture pada siswa X SMK Batik
Sakti 1 Kebumen tahun pelajaran 2016/2017, 2) pengaruh terhadap motovasi
belajar menulis puisi pada siswa kelas X SMK Batik Sakti 1 Kebumen dengan
metode picture and picture, 3) peningkatan keterampilan menulis puisi
menggunakan metode picture and picture pada siswa kelas X SMK Batik Sakti 1
Kebumen tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas prasiklus, siklus I, dan siklus II.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK Batik Sakti1 Kebumen.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang digunakan untuk
memperoleh gambaran hasil siswa dalam menulis puisi dan nontes yang
digunakan untuk mendapat informasi tentang keadaan siswa tanpa melalui tes
dengan alat tes berupa lembar observasi, angket, lembar wawancara, dan
dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes yang
berisi soal untuk menulis puisi dan nontes merupakan alat penilaian yang
dipergunakan untuk mendapat informasi tentang keadaan peserta didik atau
peserta berupa lembar observasi, angket, lembar wawancara, dan dokumentasi.
Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan
triangulasi teori teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif digunakan
untuk mengetahui peningkatan menulis puisi dan kuantitatif digunakan untuk
mengganalisis data berupa skor hasil penilaian kemampuan menulis puisi. Teknik
penyajian data menggunakan teknik penyajian informal, yaitu perumusan dengan
kata-kata biasa.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa; 1) penerapan
pembelajaran menulis puisi menggunakan metode picture and picture pada siswa
kelas X SMK Batik Sakti 1 Kebumen terdiri atas dua siklus. Pada prasiklus
dalam pembelajaran belum diterapkan metode, pada siklus I dan siklus II sudah
diterapkan metode; 2) perubahan sikap dan perilaku pada siswa kelas X SMK
Batik Sakti 1 Kebumen, pada prasiklus rata-rata sikap dan perilaku siswa belajar
siswa adalah 51,11%. Sementara itu pada siklus I, rata-rata perubahan sikap dan
perilaku belajar siswa menjadi 61,39%, dan siklus II rata-rata menjadi 84,73%; 3)
peningkatan kemampuan menulis puisi menggunakan metode picture and picture
terlihat pada meningkatnya jumlah ketuntasan siswa yang mencapai KKM 75.
Pada prasiklus siswa yang mencapai KKM hanya 1 siswa dengan nilai rata-rata
60,06, siklus I meningkat menjadi 8 siswa dengan rata-rata 71,81, dan siklus II
menjadi 30 siswa dengan nilai rata-rata 80,25. |
en_US |