Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep
matematika siswa kelas VIII A MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2016/2017
dengan penerapan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
dan Numbered Head Together (NHT).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas
VIII A MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 34
siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini
menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
dan Numbered Head Together (NHT). Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini yaitu menggunakan metode tes dan catatan lapangan. Instrumen penelitian
pada penelitian ini yaitu menggunakan soal tes dan catatan lapangan. Teknik
analisis data menggunakan analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pemahaman konsep
matematika siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan
siswa lebih aktif berdiskusi, saling bertukar pendapat dan aktif bertanya diantara
teman kelompoknya, serta siswa dapat mengerjakan soal dengan prosedur dan
jawaban yang tepat. Dilihat dari tes pada setiap siklus rata-rata persentase klasikal
pemahaman konsep siswa meningkat dari 72% kategori cukup pada siklus I
menjadi 79% dalam kategori baik pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini
pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII A MTs Negeri Purworejo tahun
pelajaran 2016/2017 meningkat setelah mengikuti pembelajaran dengan
penerapan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan
Numbered Head Together (NHT).