Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII A MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Fitriani, Dessy Rizky
dc.date.accessioned 2018-02-05T09:08:37Z
dc.date.available 2018-02-05T09:08:37Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1406
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII A MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 dengan penerapan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode tes dan catatan lapangan. Instrumen penelitian pada penelitian ini yaitu menggunakan soal tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan siswa lebih aktif berdiskusi, saling bertukar pendapat dan aktif bertanya diantara teman kelompoknya, serta siswa dapat mengerjakan soal dengan prosedur dan jawaban yang tepat. Dilihat dari tes pada setiap siklus rata-rata persentase klasikal pemahaman konsep siswa meningkat dari 72% kategori cukup pada siklus I menjadi 79% dalam kategori baik pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII A MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 meningkat setelah mengikuti pembelajaran dengan penerapan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT). en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject pemahaman konsep matematika, Problem Based Learning (PBL), Numbered Head Together (NHT) en_US
dc.title Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII A MTs Negeri Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account