Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL PESANTREN IMPIAN KARYA ASMA NADIA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Show simple item record

dc.date.accessioned 2018-02-05T09:10:43Z
dc.date.available 2018-02-05T09:10:43Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1408
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Pesantren Impian karya Asma Nadia; (2) nilai Religius dalam novel Pesantren Impian karya Asma Nadia; (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai religius dalam novel Pesantren Impian karya Asma Nadia di Kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai religius dalam novel Pesantren Impian dan skenario pembelajarannya di kelas XII SMA. Sumber data penelitian ini novel Pesantren Impian karya Asma Nadia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik penyajian data dilakukan dengan menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa(1) unsur intrinsik novel Pesantren Impian, yaitu (a) tema mayor: bertaubat dari dosa-dosa dimasalalu, tema minor: cinta kasih, teka teki, dan kematian, (b) tokoh utamanya adalah Gadis, ia bersifat pekerja keras, sedangkan tokoh tambahannya adalah Teungku Umar, Teungku Hasan, Butet, Rini, Eni, dan Bagus, (c) alur: sorot balik, (d) latar dibagi menjadi 3, yaitu latar tempat: tiara hotel, pulau Lhok Jeumpa, pesantren impian, pantai, dan perkebunan, latar waktu: dini hari, pagi, siang, malam, dan tahun, latar suasana: menyenangkan, menyedihkan, dan panik, (e) amanat yang disampaikan adalah bertaubat dari dosa-dosa dan kesalahan dimasa lalu dan tidak mendekati narkoba; (2) nilai religius dalam novel Pesantren Impian meliputi (a) hubungan manusia dengan Tuhan: melaksanakan salat fardu, salat jamaah, membaca Quran, menutup aurat, mengaji/menuntut ilmu, berdoa, bersyukur, bertaubat, dan jujur, (b) hubungan manusia dengan sesama manusia: tolong menolong, peduli sesama, silaturrahim, musyawarah, menikah, dan tanggung jawab, (c) hubungan manusia dengan diri sendiri: mengingatkan diri sendiri, pantang menyerah, (d) hubungan manusia dengan lingkungan: menjaga kelestarian alam dan memanfaatkannya sebagai bentuk rasa syukur; (3) skenario pembelajaran novel Pesantren Impian di kelas XII SMA dengan tahap pendahuluan guru mengkondisikan keadaan siswa agar siap untuk menerima materi pelajaran yang akan disampaikan, pada tahap inti guru membentuk kelompok asal dan membagikan gulungan kertas yang berisi materi, guru meminta para siswa untuk mendiskusikan materi yang telah di dapat. Setelah berdiskusi, anggota kelompok dipisah untuk membentuk kelompok ahli dan meminta siswa untuk menerangkan materi yang telah didiskusikan dalam kelompok asal. Pada tahap penutup guru merefleksi kegiatan pembelajaran sastra yang terdapat dalam novel untuk membangun karakter siswa. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject Nilai Religius Novel, dan Skenario Pembelajaran Sastra en_US
dc.title NILAI RELIGIUS DALAM NOVEL PESANTREN IMPIAN KARYA ASMA NADIA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account