dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan media
film pendek terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klirong; (2)
pengaruh penerapan media film pendek terhadap kemampuan menulis naskah
drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klirong; (3) perbandingan kemampuan
menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klirong yang diajar dengan
media film pendek dan yang diajar dengan media berbasis cetakan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain yang digunakan
adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah kelas
XI IPA 3 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI
IPA 2 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Data penelitian
diperoleh melalui tes dan non tes. Uji validitas menggunakan Product Moment
sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data
menggunakan Kolmogorov-Smirnov Test untuk normalitas dan Barlett untuk
homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar
siswa meningkat setelah mendapat perlakuan dengan media film pendek. Siswa
lebih aktif dalam belajar yang ditunjukkan dengan aktivitas memperhatikan
pembelajaran meningkat sebesar 16,37%, bertanya dan menanggapi meningkat
sebesar 11,96%, mengerjakan tugas meningkat sebesar 17,56%, dan sikap dalam
pembelajaran meningkat sebesar 1,34%. Selain itu, hasil uji hipotesis dengan uji t
dua pihak pada signifikansi = 0,05 diperoleh nilai thitung = -9,461, nilai ttabel =
1,70 dan Sig. (0,000) < (0,05). Dengan demikian, pengujian hipotesis
membuktikan bahwa terdapat pengaruh penerapan media film pendek terhadap
kemampuan siswa dalam menulis naskah drama. Kemudian, perhitungan uji
statistik menggunakan Independet Samples Test diperoleh thitung = -3,154 dan ttabel
= 1,70. Nilai thitung jauh pada penerimaan ttabel yakni thitung (3,154) > ttabel (1,70)
atau thitung (-3,154) < -ttabel (-1,70) sehingga thitung berada pada daerah penolakan
Ho. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perbandingan kemampuan menulis
naskah drama siswa yang diajar dengan media film pendek lebih baik daripada
kemampuan menulis siswa yang diajar dengan media berbasis cetakan. |
en_US |