Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH PENERAPAN MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KLIRONG

Show simple item record

dc.contributor.author Fauziah, Nurul
dc.date.accessioned 2018-02-05T09:15:26Z
dc.date.available 2018-02-05T09:15:26Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1409
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan media film pendek terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klirong; (2) pengaruh penerapan media film pendek terhadap kemampuan menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klirong; (3) perbandingan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Klirong yang diajar dengan media film pendek dan yang diajar dengan media berbasis cetakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh melalui tes dan non tes. Uji validitas menggunakan Product Moment sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan Kolmogorov-Smirnov Test untuk normalitas dan Barlett untuk homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat setelah mendapat perlakuan dengan media film pendek. Siswa lebih aktif dalam belajar yang ditunjukkan dengan aktivitas memperhatikan pembelajaran meningkat sebesar 16,37%, bertanya dan menanggapi meningkat sebesar 11,96%, mengerjakan tugas meningkat sebesar 17,56%, dan sikap dalam pembelajaran meningkat sebesar 1,34%. Selain itu, hasil uji hipotesis dengan uji t dua pihak pada signifikansi = 0,05 diperoleh nilai thitung = -9,461, nilai ttabel = 1,70 dan Sig. (0,000) < (0,05). Dengan demikian, pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat pengaruh penerapan media film pendek terhadap kemampuan siswa dalam menulis naskah drama. Kemudian, perhitungan uji statistik menggunakan Independet Samples Test diperoleh thitung = -3,154 dan ttabel = 1,70. Nilai thitung jauh pada penerimaan ttabel yakni thitung (3,154) > ttabel (1,70) atau thitung (-3,154) < -ttabel (-1,70) sehingga thitung berada pada daerah penolakan Ho. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perbandingan kemampuan menulis naskah drama siswa yang diajar dengan media film pendek lebih baik daripada kemampuan menulis siswa yang diajar dengan media berbasis cetakan. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject media film pendek, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan menulis naskah drama en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MEDIA FILM PENDEK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KLIRONG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account