dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) proses
pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode kuantum pada siswa
kelas XI SMK Widya Kutoarjo tahun pelajaran 2016/2017; (2) pengaruh metode
kuantum terhadap minat belajar siswa dalam menulis paragraf deskripsi pada
siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo tahun pelajaran 2016/2017; (3) peningkatan
kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan metode kuantum pada siswa kelas
XI SMK Widya Kutoarjo tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak
22 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis
paragraf deskripsi. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus satu,
dan siklus dua. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik tes dan
nontes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan
nontes. Dalam analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Untuk
mengecek keabsahan data, digunakan teknik validitas data melalui triangulasi
sumber, metode, dan teori. Dalam penyajian analisis data digunakan teknik
informal.
Dari hasil penelitian ini, dapat peneliti simpulkan: (1) Proses pembelajaran
menulis paragraf deskripsi dengan metode kuantum pada kelas XI SMK Widya
Kutoarjo dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Langkah
pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran menggunakan metode
kuantum adalah ‘tandur’, yaitu tumbuhkan, alami, namai, demontrasikan, ulangi,
dan rayakan;(2)Pengaruh metode kuantum terhadap minat siswa dalam
pembelajaran menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas XI SMK Widya
Kutoarjo mengalami perubahan yang lebih baik pada tiap siklus. Hal ini terbukti
dari jumlah persentase minat siswa yang diperoleh pada tahap prasiklus sebesar
29,08%. Setelah diterapakan metode kuantum, minat siswa meningkat menjadi
47,26% dan meningkat lagi menjadi 77,26% pada siklus II; (3) Peningkatan
kemampuan siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo dalam menulis paragraf
deskripsi dengan metode kuantum dapat dilihat dari hasil rata-rata siswa pada
setiap tindakannya. Pada prasiklus kemampuan siswa mencapai nilai rata-rata
63,45 atau masih dalam kategori kurang. Rata-rata nilai pada siklus I sebesar
72,89 atau dalam kategori cukup dan pada siklus II sebesar 79,72 atau dalam
kategori baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode kuantum dapat
meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi.
Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor dari prasiklus sampai dengan siklus II
mencapai 16, |
en_US |