Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN METODE KUANTUM PADA SISWA KELAS XI SMK WIDYA KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Kristiyanto, Alfian Ade
dc.date.accessioned 2018-02-06T01:57:35Z
dc.date.available 2018-02-06T01:57:35Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1435
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode kuantum pada siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo tahun pelajaran 2016/2017; (2) pengaruh metode kuantum terhadap minat belajar siswa dalam menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo tahun pelajaran 2016/2017; (3) peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan metode kuantum pada siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 22 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus satu, dan siklus dua. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan nontes. Dalam analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan teknik validitas data melalui triangulasi sumber, metode, dan teori. Dalam penyajian analisis data digunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini, dapat peneliti simpulkan: (1) Proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode kuantum pada kelas XI SMK Widya Kutoarjo dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Langkah pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran menggunakan metode kuantum adalah ‘tandur’, yaitu tumbuhkan, alami, namai, demontrasikan, ulangi, dan rayakan;(2)Pengaruh metode kuantum terhadap minat siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo mengalami perubahan yang lebih baik pada tiap siklus. Hal ini terbukti dari jumlah persentase minat siswa yang diperoleh pada tahap prasiklus sebesar 29,08%. Setelah diterapakan metode kuantum, minat siswa meningkat menjadi 47,26% dan meningkat lagi menjadi 77,26% pada siklus II; (3) Peningkatan kemampuan siswa kelas XI SMK Widya Kutoarjo dalam menulis paragraf deskripsi dengan metode kuantum dapat dilihat dari hasil rata-rata siswa pada setiap tindakannya. Pada prasiklus kemampuan siswa mencapai nilai rata-rata 63,45 atau masih dalam kategori kurang. Rata-rata nilai pada siklus I sebesar 72,89 atau dalam kategori cukup dan pada siklus II sebesar 79,72 atau dalam kategori baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode kuantum dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan skor dari prasiklus sampai dengan siklus II mencapai 16, en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject menulis pragraf deskripsi, metode kuantum en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN METODE KUANTUM PADA SISWA KELAS XI SMK WIDYA KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account