Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

ANALISIS GENDER TOKOH UTAMA PEREMPUAN NOVEL CINTA DI DALAM GELAS KARYA ANDREA HIRATA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Show simple item record

dc.contributor.author Susanti, Heny
dc.date.accessioned 2018-02-06T02:11:04Z
dc.date.available 2018-02-06T02:11:04Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1444
dc.description.abstract Objek penelitian ini adalah bentuk-bentuk ketidakadilan gender tokoh utama perempuan novel CDG karya Andrea Hirata. Fokus penelitian ini adalah unsur intrinsik novel CDG, bentuk-bentuk ketidakadilan gender novel CDG, RPP di kelas XII SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi pustaka, simak, dan catat. Instrumen penelitian ini adalah kartu pencatat data. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik dalam penelitian ini adalah: (a) tema mayor: (perjuangan perempuan untuk menegakkan martabatnya), tema minor: (kekerasan pada perempuan, perjuangan perempuan, diskriminasi terhadap perempuan); (b) tokoh dan penokohan: Maryamah (pekerja keras, tulus, penyayang, perhatian, cerdas, dan pantang menyerah), Ikal (pengkhayal, keras kepala, dan suka menolong, Paman (suka mengomel, lembut, bijaksana, perhatian, dan berwawasan), Selamot (bersahabat, polos dan humoris), Ania (baik hati, penyayang, dan mengagumi kakak dan ibunya), Detektif M. Nur (disiplin, ceroboh), Matarom (lelaki berhidung belang, egois, angkuh, dan penindas), Giok Nio (suka meremehkan orang lain, baik hati, i) Sersan Kepala: jujur dan loyal terhadap pekerjaan), Syalimah (baik dan penyayang), Ibu (penyayang, tidak suka pemalas, tegas), Syahrifudin (Chip) (kreatif, konyol, rajin, baik, dan suka menolong),Grand Master Ninochka Stronovsky (baik, terhormat); (c) alur: maju, (d) latar tempat: Belitong, Warung kopi, Toko Tanjung Pandan, Finlandia, Rumah Maryamah, Bitun, Aula Gedung, Kios ayam Giok Nio, Kantor Detektif; latar waktu: pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari; latar suasana: gembira, sedih, tegang, kasih sayang; (e) sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang orang ketiga serba tahu; (2) bentuk-bentuk ketidakadilan gender penelitian ini meliputi: (a) marginalisasi: perempuan yang bekerja sebagai pendulang timah, (b) subordinasi: lelaki lebih berhak atas perempuan, (c) stereotip: perempuan diharamkan bertanding, (d) kekerasan: fisik: Maryamah sering mendapat perlakuan kasar, mental: Maryamah menghadapi banyak cobaan dalam hidupnya, (e) beban kerja; Maryamah menjadi tulang punggung keluarga menggantikan almarhum ayahnya, (3) rpp novel di kelas XII SMA dilakukan dengan metode Group Investigation (investigasi kelompok) dengan langkah-langkah: peserta didik membentuk kelompok kecil 4-5, anggota tim menyesuaikan subtopik yang akan dibahas yaitu novel, unsur intrinsik dan ekstrinsik novel. Tiap kelompok diberi materi subtopik yang berbeda. Memberikan pertanyaan bersifat analitis. Mengajak siswa berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan kelompoknya secara bergiliran searah jarum jam dalam kurun waktu yang disepakati. en_US
dc.publisher PBSI-FKIP en_US
dc.subject analisis gender, intrinsik, novel, rencana pelaksanaan pembelajaran en_US
dc.title ANALISIS GENDER TOKOH UTAMA PEREMPUAN NOVEL CINTA DI DALAM GELAS KARYA ANDREA HIRATA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account