Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Evaluasi Geometri Jalan Pada Ruas Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo

Show simple item record

dc.contributor.author Cahyanto, Nur
dc.date.accessioned 2018-02-06T02:22:50Z
dc.date.available 2018-02-06T02:22:50Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1448
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan pada ruas jalan lingkar selatan, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, karena kondisi geometri dan tingginya aktifitas kehidupan masyarakat yang beraneka ragam. Sehubungan dengan hal itu maka perlu di lakukan penelitian khususnya pada kondisi geometri jalan tersebut dengan Tata Cara Perencanaan Geometri jalan antar kota 1997. Peneltian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah kondisi Geomerti pada jalan tersebut memenuhi standar pada pedoman yang ada. Perhitungan analisis dan simulasi yang diterapkan dalam penelitian ini berpedoman pada metode Tata Cara Perencanaan Geometri jalan antar kota (1997). Data primer yang diambil dalam penelitian berupa geometrik jalan, kondisi lingkungan, kondisi arus lalu lintas. Sedangkan data sekunder yang dibutuhkan adalah data data website dari internet. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan, dan dapat dijadikan pertimbangan perencanaan di masa yang akan datang. Hasil perhitungan data dapat diketahui bahwa, jari- jari tikungan yang ada di ruas jalan Lingkar Selatan Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo, bila dilihat dari rencana kecepatan Vr 80 km/jam maka, data jari- jari yang diperoleh pada tikungan I terlalu kecil (114,591 m), Demikian juga pada tikungan ke-2 jari jari pada data lapangan terlalu kecil (13,557 m). Dibandingkan pada jari jari minimum yang disyaratkan sebesar (210 m) maka Tikungan I dan Tikungan II cukup berbahaya bagi pengendara baik pengendara mobil, sepeda motor dan pengendara lainya yang melintasi jalan tersebut untuk melakukan manover berbelok. Pada ruas jalan lingkar selatan didapatkan presentase kelandaian, sesuai yang ada di lapangan, yaitu sebesar 0,186 %, dengan kelandaian tersebut maka termasuk medan datar, dan dari pedoman Bina Marga dengan kelandaian untuk Jari- jari minimal yang disyaratkan Rmin = 210m, Kecepatan Rencana Vr = 80 km/jam, Pada Tikungan I Panjang busur lingkaran Lc = 50m, sedangkan pada Tikungan II Lc = 50 m. maka dari hasil evaluasi yang dilakukan Seharusnya Panjang busur lingkar Lc pada Tikungan I Lc = 91,629m sedangkan untuk Tikungan II Lc = 773,355m menunjukkan ruas jalan Lingkar Selatan Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo, cukup berbahaya karena banyak Geometri tikungan yang tidak sesuai dengan pedoman dari Bina Marga en_US
dc.publisher Teknik Sipil-Fakultas Teknik en_US
dc.subject Geometri Jalan en_US
dc.title Evaluasi Geometri Jalan Pada Ruas Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account